Facebook

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid 2017 Diluncurkan, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya!

Gaung tentang Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini sudah lama menggema di Indonesia, namun baru sekarang ada konfirmasi dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tentang niat mereka ingin meluncurkan mobil low MPV diesel ini ke tanah air di tahun ini tepatnya tanggal 7 Februari 2017. Sementara itu Honda Mobilio facelift 2017 sudah hadir terlebih dahulu di tahun ini dan tentunya juga Nissan Grand Livina terbaru yang juga mengalami major facelift dan kemungkinan akan hadir di tahun sekarang dan tentunya Mitsubishi Xpander yang pada tahun 2018 ini sudah menjadi mobil terlaris di Indonesia.

new ertiga diesel 2017

Low MPV Diesel ini sudah diuji jalan di Indonesia untuk menyesuaikan kondisi di jalan dan juga uji kecocokan dengan bahan bakar mesin diesel di Indonesia. Apalagi saat ini Pertamina juga sudah meluarkan varian BBM Dexlite yang harganya lebih murah daripada PertaDex. Meskipun akhirnya Suzuki menyatakan bahwa boleh diisi dengan Pertamina Dexlite namun tentunya ada syaratnya yaitu adanya perlakuan khusus pada saat servis yang berimbas kepada biaya maintenance yang disebabkan adanya tambahan atau additional. Sementara itu untuk penjualannya Ertiga Bensin masih bersaing dengan Xenia.

Desain
Perubahan desain tak ada yang signifikan kecuali penambahan logo Hybrid ZDi dibagian belakang sebelah kanan. Selebihnya terlihat sama.

Mesin
Ertiga hybrid ini menggunakan teknologi Smart Hybrid by Suzuki (SHVS) yang digandengkan dengan mesin diesel berkode D13A Dualjet  berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 88 hp dengan torsi 200 Nm. Namun jika digabungkan dengan baterai dan ISG, tenganya bisa bertambah  menjadi 90 PS dan 200 Nm.

Suzuki-Ertiga-Diesel Hybrid


Teknologi SHVS sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Dan teknologi ini tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem  kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil. Cek video dibawah ini untuk mengenal lebih dekat teknologi SHVS ala Suzuki:



Istilah lainnya adalah mild atau semi hybrid karena perangkat Integrated Starter Genarator yang digunakan tidak serupa dengan generator/motor listrik pada mesin full hybrid, yang bekerja sama atau bergantian dengan mesin utama sebagai daya penggerak mobil.

Selain itu sistem kerja teknologi SHVS masih menggunakan aki konvensional berkapasitas besar, berbeda dengan mobil full hybrid yang biasanya menggunakan baterai lithium. Dengan aki tersebut tentunya perawatannya lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh konsumen.

suzuki ertiga diesel hybrid


Spesifikasi Mesin Suzuki Eriga Diesel SHVS

Tipe mesin : DDiS Diesel Engine  D13A
Displacement : 1.249cc
Number of Cylinders : 4
Number of valves : 16
Fuel distribution : CRDi (common rail direct injection)
Tenaga maksimum : 88,4 hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimum : 200 Nm @ 1.750 rpm
Tipe Transmisi : manual 5 percepatan

Sebelum Anda meminangnya, yuk kita lihat video reviewnya yang diambil dari otodriver.com:



Fitur
Fitur Diesel ini tentunya berbeda dengan Bensin dan menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk membelinya. Kelebihan adalah fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator, Indikator Water Sedimeter. Namun untuk transmisi hanya tersedia dalam versi manual. Di India, Ertiga Hyrid di klaim bisa menempuh 24,52 km per liter, irit banget kan ya.

* Idle Engine Start-Stop sangat berguna dalam menghemat pemakaian BBM, karena pada saat mobil berhenti pada lampu merah dan persneling netral mesin secara otomatis berhenti dan untuk menjalankan kembali, Anda hanya tinggal menekan pedal kopling.

* Selain itu fitur Gear Shift Indicator sangat membantu untuk memberi tahu kapan sebaiknya harus shifting atau pindah gigi, dan tentunya juga akan membuat pemakaian BBM menjadi lebih hemat.

* Integrated Starter Generator (ISG) berfungsi untuk menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya. Sehingga torsi semakin baik dan akselerasi juga lebih spontan, namun dengan BBM yang lebih sedikit.

* Brake Energy Recuperation memiliki fungsi untuk menyimpan energi kinetik hasil pengereman ke baterai Integrated Starter Generator (ISG). Nah energi dari ISG inilah yang nantinya akan digunakan untuk proses start-stop engine yang tentunya akan membantu akselerasi awal.

* Indikator Water Sedimeter ini bermanfaaat untuk memberikan informasi seberapa banyak kandungan air yang terdapat pada filter solar. Tentunya untuk di Indonesia, fitur ini sangat bermanfaat sekali mengingat masih banyaknya solar berkualitas rendah. Selain itu, alat ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu antisipasi agar tidak terjadi water hammer.

* Headlamp with Leveling sehingga dengan mudah untuk mengatur posisi cahaya lampu utama

* Rear Defogger pada kaca belakang yang berguna untuk menghilangkan kabut atau embun pada saat terjadi perbedaan suhu di luar kabin dan di dalam kabin di kala hujan.

Suzuki-Ertiga-Diesel Hybrid


Konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid

Tentunya bagi yanng mau meninag Produk Suzuki ini akan bertanya berapa sebenarnya konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid ini. Berikut saya rangkumkan ulasannya yang diambil dari berbagai media dan juga penggunanya langsung:

  • KompasOtomotif, pengujian pertama tanpa AC, kecepatan 60-70 kpj dengan lalu lintas tergolong lancar, Angka di multi information display (MID) tercatat 25,5 kpl. Untuk pengujian kedua, berada di jalan yang menanjak dan dengan gigi rendah yaitu di kawasan Rainbow Hills- Rancamaya - dan kembali ke jalur lancar, mencatat angka MID 20.3 kpl.
  • Versi Kaskuser 1, Rute dalkot mencatat angka MID sekitar 17-19 km/liter. Sedangkan rute toll dengan kecepatan konstan 80-90 km/h bisa mencatat 25-27.2 km/l di MID.
  • Versi Kaskuser 2, Rute Sidoarjo-Pasuruan (PP) dengan jarak 71 km, kondisi lancar dan sedikit merambat mendapatkan konsumsi bensin 19.32 km/l dengan metode full to full sedangkan versi MID tercatat 17.8km/l, mobil sempat parkir juga selama 20 menit dengan kondisi mesin nyala.
  • Carreview.id, Rute Jakarta - Bogor, kombinasi tol dan macet, tanpa AC, RPM 1.000-2.000 mencatat konsumsi bahan bakar 31.7 Km/liter dengan metode Full to Full.
  • Tribun: Melewati rute dalam kota dengan average speed hanya 22 km/jam bisa mencatat konsumsi BBM 17,7 km/l dengan idle start/stop system nya diaktifkan. Untuk rute di tol, Ertiga Diesel lebih bagus catatannya yaitu meraih konsumsi BBM 20,8 km/l.

Harga
Dengan kelebihan tersebut, Ertiga Diesel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 219 jutaan (On The Road Jabodetabek). Jadi siap-siap menabung untuk meminang ertiga ini. Untuk pilihan warnanya SIS memberikan suguhan kepada konsumen dengan 3 warna, yakni Superior White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic.

Sebagai tambahan informasi, terjadi perbedaan bobot pada Ertiga Diesel yaitu beratnya 1.235 kg hingga 1.265 kg dengan bensin yang memiliki bobot 1.135 kg sampai 1.180 kg. Selisih sekitar 100 kg karena menggunakan mesin yang berbeda. Sementara itu untuk dimensi masih sama.

Bagi yang berminat dengan Ertiga Diesel Hybrid beberapa dealer di daerah Jakarta sudah mulai dijual dengan diskon atau cash back yang lumayan besar yaitu sekitar 18 jutaan. Wah diskonnya cukup menggiurkan nih untuk meminang neng Erti.

Ertiga Hybrid versi Mewah Hadir di India.

Setelah launching di Indonesia, Suzuki juga perkenalkan Ertiga Hybrid versi tertinggi di negeri India. Tentunya kabar ini membuat penasaran para pecinta otomotif di Indonesia. Nah apa saja sih kelebihan dari versi LMPV Limited Edition besutan Suzuki ini? Yuk kita kupas lagi biar gak kudet bro.

ertiga hybrid limited edition


 Perbedaannya sih cuman pada sentuhan aksesorisnya saja, seperti:

- Warna body yang tampil beda yaitu exquisite maroon
- Tambahan krom pda beberapa bagian yaitu gril, fog lamp, dan side moulding.
- Bagian velg juga mendapatkan desain baru dengan dibubuhi tambahan emblem limited edition
- Bagian jok dan roda kemudi sudah dibalut dengan kulit premium berwarna hitam dan merah maroon yang membuatnya makin tampil elegan .

ertiga hybrid diesel limited edition

- Sandaran tangan pada bagian tengah juga menambah kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang depan.
- Bagian door trim, console tengah dan dashboard dibalut dengan ornamen kayu.

Nah untuk harganya, di negeri om Shahrukh Khan ini, Ertiga limited edition ini dibanderol dengan harga 785.000 sampai 810.000 rupee, atau kalo dirupiahkan sekitar Rp 150 juta sampai Rp 162 jutaan. Mungkin sedikit lebih mahal jika masuk ke Indonesia. Pastinya versi ini bakalan ditunggu banget bagi pecinta Ertiga di Tanah Air.

Ertiga Diesel Hybrid akan hadir versi Matic dan akan diproduksi di Indonesia

Kabar gembira tentunya bagi pecinta matic, karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan mengeluarkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid versi transmisi automatic dalam waktu dekat yaitu pada tahun 2018 dan juga akan diproduksi di Indonesia. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Ertiga 2018 Segera hadir

Untuk menghadapi persaingan yang semakin memanas di ceruk Low MPV, Suzuki berencana akan menghadirkan Ertiga Facelift yang rencananya akan hadir di tahuh depan. Saat ini, Suzuki Ertiga Sport 2019 sedang melakukan pengujian dan tertangkap kamera di negeri India.

Selain itu Suzuki juga akan menghadirkan Ertiga Diesel Hybrid bermesin baru 1.500 cc dengan transmisi otomatik AGS (Automatic Gear Shift) yang juga sudah digunakan pada Ignis dan Wagon R.

Jika ada info terbaru akan segera di update..

0 Response to "Suzuki Ertiga Diesel Hybrid 2017 Diluncurkan, Ini Spesifikasi, Fitur dan Harganya!"

Post a Comment