Facebook

Perbedaan Tipe Kijang Kapsul SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Krista

Mobil Kijang memang merupakan produk dari Toyota yang memang diperuntukkan sebagai mobil keluarga. Kijang menjelma menjadi ikon mobil keluarga di Indonesia berkat konsistensinya. Salah satu yang paling dikenal dan laris adalah Kijang kapsul. 

Baca Juga : Sejarah Toyota Kijang di Indonesia dari generasi pertama hingga sekarang.

Mobil yang diproduksi toyota tahun 1996 sampai 2004 ini memiliki banyak tipe dan juga menggunakan mesin berbahan bakar bensin dan diesel. Dan saat ini sudah dilanjutkan dengan model terbaru yaitu Kijang Innova. Sedangkan saat ini, Hyundai Stargazer dan Xpander bisa jadi pilihan baru untuk Anda yang mencari mobil baru di kelas MPV.

Namun saat ini, bagi Anda mencari MPV dengan harga yang oke dan tidak terlalu banyak memakan banyak All New Ertiga bisa jadi salah satu pilihan, apalagi harga yang ditawarkannya lebih murah daripada kompetitornya.

Baca juga: Sejarah Kijang di Indonesia

kijang kapsul



Kijang kapsul merupakan penerus dan penyempurna dari Kijang ekstra, Dengan desain bulat dan mesin berapasitas 1800cc sampai 2400cc. Ada 4 tipe mesin pada kijang kapsul, yaitu mesin bensin 1800 cc dengan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc. Mobil yang berkapasitas 8-9 penumpang ini memiliki banyak 7 tipe.Berikut tipe kijang kapsul yaitu SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista.

Untuk tipe standart ada pada versi SX dan LX, disusul, Tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan tipe tertinggi adalah kijang krista.

Kijang memiliki versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dilihat dengan Huruf Pertama pada Tipenya. S untuk Short dan L untuk kijang yang Long.

Perbedaannya adalah, utuk tipe S kursi bagian belakang menghadap ke samping, sedangkan pada tipe L, kursi belakang menghadap ke depan

Sedangkan untuk interior dan aksesorsinya ditandai dengan huruf dibelakangnya, Lihat rincian berikut

- SX dan LX: Tipe standar minimalis, tanpa AC, power steering, power window, dan asesoris lainnya.

-   SSX dan LSX: Tipe medium, bagian interior lebih bagus, sudah menggunakan AC dan sistem audio yang cukup.

Perbedaan Tipe Kijang Super, Grand Extra, Rover dan Jantan Raider (Generasi Ketiga 1986-1996)

-   SGX dan LGX:  tipe lengkap, menggunakan AC double blower, power steering, power window, audio, wiper depan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depa .

-    Krista: Tipe teratas dan lengkap. Eksterior lebih sporty, dengan two tone colour.

Kijang Kapsul di Indonesia juga mengalami perubahan pada tiga periode:

- First Edition (1997 – awal 2000) : Bodinya lebih tebal dari generasi kedua. Tipe ini Menggunakan mesin 2000cc berbahan bakar bensin.

- Second edition (2000–2003) : Body-steel lebih tipis dari generasi pertama dengan tujuan mengurangi harga jual. Edisi ini menggunakan mesin 2000 cc bahan bakar bensin, 2400cc diesel engine, dan juga 1800cc dengan teknologi EFI.
-
 Third edition (2003–2005) : LSX, LGX series, dan SGX mengalami minor change dari sebelumnya seperti bagian door trim dan interior. dan menggunakan mesin yang sama dengan second edition

Perbedaan dari tipe SX dan LX adalah pada bagian interior dan eksterior serta perbaikan pada suspensi depan yang menggunakan pegas batang torsi, selain itu, sistem kemudi lebih baik dari tipe seblumnya yaitu memakai power steering dan power assist. Perubahan yang paling kentara pada tipe LSX SSX ini adalah penggunaan mesin diesel dengan sistem EFI dan sistem injection.

Sebagai tambahan review mobil ini, buat Anda yang ingin membeli mobil kijang Kapsul, ada beberapa kelemahan dari kijang ini:

  • Bahan bakar cukup boros, umunya 1:7 dalam kota dan 1:11 luar kota
  • Suspensi per daun sering bermasalah terutama apabila melewati medan yang cukup berat.
  • Karet Body sering retak, jadi harus sering diganti.
  • Untuk mesin bensin dengan kode 7K memiliki kelemahan pada bagian ring piston yang sering bocor, sehingga tenaganya jadi ngempos dan sering ditemui asap putih pda knalpot alias ngebul karena oli masuk ke ruang bakar.
  • Untuk mesin diesel dengan kode 2L, umumnya terdapat masalah pada saluran injektor diesel pada kepala silindernya yang mengalami retak atau mudah rusak. Jadi harus diganti dengan yang baru. 
Ada kekurangan, tentu ada juga kelebihan Kijang Kapsul ini, apa saja itu?
  • Perawatan mesin 7K tergolong mudah dan tidak ribet, karena masih sistem konvensional dan rata-rata semua bengkel paham dengan Kijang Kapsul ini.
  • Suku cadang atau partnya juga banyak tersedia di pasar otomotif baik dari yang original hingga yang KW sekian, namun tetap berhati-hati dalam memilih partnya. 
  • Harga suku cadang juga terjangkau, sesuai dengan original atau KW nya, sebaiknya ikut komunitas akan membantu Anda dalam membeli serta menemukan bengkel suku cadang yang tepat.
  • Kabin Kijang Kapsul tergolong lega, karena memang lebih lebar dan panjang dari pendahulunya, muat banyak.

Berikut Konsumsi BBM Kijang Kapsul yang dirangkum dari pemakainya:

  • Forum 1: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2013) dengan rute kombinasi dalam dan luar kota bisa mencapai 10 km per liter.
  • Forum 2: Kijang 1.8 EFI manual (2000) untuk dalam kota bisa 7-8 km per liter, sedangkan saat mencoba jalan-jalan keluar kota hanya bisa mencapai 1:10 dengan gaya mengemudi santai 80 km/jam.
  • Forum 3: Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2000), diajak jalan-jalan dalam kota cuma bisa 8-9 km/liter dengan kemacetan sedang, namun saat macet parah bisa 5-6 km per liter. Untuk luar kota, lumayan bisa 10 km per liter.
  • Forum 4: Kijang 1.8 EFI manual (2000) dalam kota bisa 1:9 dengan kecepatan 80km, sedangkan luar kota bisa 1:10 km dengan maksimal speed 90-120 km
  • Forum 5: Kijang SX 1.8 manual (1997), perjalanan Bandung - Jakarta dengan muatan penuh 4 dewasa plus bagasi mencapai 10 km per liter.
  • Forum 6: Kijang 1.8 EFI manual (2000), perjalanan Cimone - Tanjung Priok bisa 9,9 km per liter.
Harga kijang kapsul bekas

Harga yang ada dibawah ini hasil rangkuman dari sejumlah situs jual beli online, bisa saja mengalami variasi naik atau pun turun harga sesuai dengan kondisi mobil tersebut:
  • Kijang Kapsul SX harganya berkisar antara Rp30 jutaan hingga Rp54 Jutaan
  • Kijang Kapsul SSX harganya berkisar antara Rp41 jutaan hingga Rp68 jutaan
  • Kijang Kapsul SGX harganya berkisar antara Rp46 jutaan hingga Rp74 jutaan
  • Kijang Kapsul LX harganya berkisar antara Rp40 jutaan hingga Rp70 jutaan
  • Kijang Kapsul LSX harganya berkisar antara Rp47 jutaan hingga Rp74 jutaan
  • Kijang Kapsul LGX harganya berkisar antara Rp43 jutaan hingga Rp89 jutaan
  • Kijang Kapsul Rangga harganya berkisar antara Rp60 jutaan hingga Rp80 jutaan
  • Kijang Kapsul Krista harganya berkisar antara Rp66 jutaan hingga Rp94 jutaan
  • Kijang Kapsul Grand Rover Ace harganya berkisar antara Rp44 jutaan hingga Rp55 jutaan
  • Kijang Kapsul Pick Up harganya berkisar antara Rp45 jutaan hingga Rp53 jutaan
Tips ringan sebelum membeli Kijang Kapsul ini:

  • Sebaiknya masuk ke Komunitas baik di Facebook atau IG Kijang Kapsul untuk mencari tahu tentang mobil Kijang Kapsul ini, sehingga makin mengenal seluk beluk mobil ini.
  • Bagi yang butuh space yang luas, sebaiknya memilih tipe Long Wheelbase atau tipe L, karena untuk bangku baris ketiga sudah menghadap ke arah depan sehingga akan lebih nyaan untuk penumpang baris ketiga.
  • Sebaiknya sebelum membeli, bawa juga teman atau mekanik yang benar-benar paham dengan Kijang ini, minimal anda bawa teman yang sudah mempunyai/user Kijang Kapsul. Agar dapat Kijang Kapsul yang diimpikan.
  • Jangan lupa untuk melebihkan budget diluar harga mobil yang dibeli, minimal 7 jutaan untuk melakukan beberapa perbaikan-perbaikan, karena memang tidak bisa dipingkiri bahwa usia mobil ini sudah cukup berumur.

Dan inilah update terbaru Perbedaan Honda HRV dan Mitsubishi Delica

Semoga info ini bermanfaat bagi Anda semuanya, terutama yang memang mencari kijang kapsul sebagai mobil keluarga.(riva)

14 Responses to "Perbedaan Tipe Kijang Kapsul SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Krista"

  1. Mau nanya gan,punyaku kijang kapsul 97,yg bikin bingung seri sx atau ssx Lom tau..
    Punyaku AC ada,
    Speed 5 + 1R
    Power ada
    Tp rpm GK ada
    Kira2 type apa ya gan

    ReplyDelete
  2. Aku mau nanya om,, kalo perseleng kijang ssx thun 2000 speed 5 sama atret/mundur apa 6 speed atret om mbon pencerahanya

    ReplyDelete
  3. Jadi intinya, BOROS bensin kah om suhu ? 🙏🏻

    ReplyDelete
  4. Kijang jantan masuk kode apa ya ??

    ReplyDelete
  5. yg cocok untuk modif mobil offroad jenis apa ya

    ReplyDelete
  6. saya punya kijang kapsul ssx thn 99,tpi kok persenel 4maju 1mundur ya gan

    ReplyDelete
  7. LSX ... upgrade ke LGX , sejak Beli Baru sampai sekarang ttp setia menemani. Mau dijual ganti lain , sayang ... sdh trlanjur jd soulmate

    ReplyDelete
  8. Pertahankan om, kijang menolak tue

    ReplyDelete
  9. Tolong dong review kijang LSX dress up tahun 1997 diesel, apa bedanya sama kijang LGX ?

    ReplyDelete
  10. Klo dilihat dari STNK atau Buku Milik Perbedaan LGX dgn LSX atau Tipe lainnya kelihatan gk ya?

    ReplyDelete