Facebook

Perbedaan Tipe Toyota Avanza E, G, S, dan Veloz

Toyota Raize - Mobil sejuta umat inilah yang terpikirkan bagi pecinta otomotif jika mendengar Toyota Avanza. Meskipun dijuluki demikian, mobil ini mungkin sudah laku terjual lebih dari sejuta. Karena mobil ini sudah hadir dari tahun 2004 hingga saat ini sudah dan sudah teruji ketangguhannya baik dari segi mesin, spare part dan daya angkut nya serta sistem penggerak roda belakang yang jadi faktor konsumen memilihnya. Bahkan di tahun 2019, Toyota juga hadirkan versi Avanza dan Veloz 2019 facelift dari untuk menyaingi penjualan Xpander yang semakin meningkat.

Baca juga update terbaru tentang Perbedaan Avanza 2022 dan Veloz 2021 dan Kupas Tuntas Daihatsu All New Xenia 2022.

perbedaan tipe avanza e g s veloz

Meskipun digempur oleh pendatang baru seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Ertiga Sport 2019, Mobilio dan mobil lainnya. Penjualan mobil ini tetap nomor satu. Bahkan mobil bekasnya masih laku dan diburu oleh konsumen yang membutuhkan mobil MPV dengan harga terjangkau. Bahkan Renault Triber ikut memeriahkan kancah persaingan di kelas low MPV dengan menghadirkan Renault Triber di Indonesia.

Bagi sobat yang ingin meminangnya sebaiknya cermati dulu perbedaan tipe Toyota Avanza ini yang terdiri dari tipe termurah E,G,S dan Veloz yang paling mewah dan termahal:

Baca juga: Sejarah Xenia dan tipe daihatsu Ayla

  • Avanza E merupakan tipe paling murah dari Avanza
Aksesorisnya sangat minim seperti velg kaleng ukuran 14 inci dengan dop plastik, belum ada fog lamp, spion hitam tidak dilengkapi lampu, tidak ada spoiler belakang, Gril depan sewarna bodi, fitur hiburan dengan head unit yang bisa memutar kaset, radio, dan CD.

Dapur pacunya menggunakan mesin 1.298cc DOHC, VVT-i dengan tenaga 92 HP pada 6,000 rpm dan torsi Torsi Maksimum 11.9 Nm pada 4,400 rpm yang disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan dengan kapasitas tangki 45 liter. Bagian kemudi sudah dilengkapi dengan electric Power Stering (EPS) & Tilt Steering. Konsumsi BBM Avanza ini juga tergolong irit juga.

Rem depan cakram, serta rem depan tromol dengan suspensi depan model Macpherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang model 4 Link Lateral Rod with Coil Spring. Selain itu sudah dilengkapi dengan DUAL SRS Airbag, power window, AC double blower, kursi pengemudi bisa sliding & reclining, one touch tumble pada baris kedua serta pelipatan jok baris ketiga dengan kombinasi 50:50.
  • Avanza G menjadi tipe menengah dan terlaris.
Memiliki fitur yang sama dengan Avanza type E, namun sudah dilengkapi fog lamp dengna garnish krom, spion sudah ada lampu seinnya, grill depan berwarna krom, velg alloy ukuran 14 inci, spoiler belakang, dan audio head unit 1 DIN CD.

Untuk mesin ada dua pilihan yaitu mesin 1.298 cc yang sama dengan tipe E dan mesin 1.495 cc dengan daya 104 pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 4.400 rpm Tersedia juga versi Manual dan Matic.

Selain itu untuk tipe G juga ada vers Luxury nya yang memiliki tambahan pada beberapa komponen seperti body kit yang lebih bergaya dan grill mewah, panel wooden pada dashboard, desain velg baru serta panel bodykit belakang yang sporty.
  • Avanza S, hadir sebagai yang tertinggi sebelum adanya Veloz
 Kelengkapannya sama dengan tipe G namun ditambah dengan sensor parkir belakang, system rem ABS, serta velg alloy 15 inch dengan tampilan baru, serta bodykit di sekujur body bawah sehingga tampilannya semakin sporty dengan mesin 1.492 cc. Namun seri S saat ini sudah discontinue pada tahun 2011dan digantikan oleh Veloz.

 Baca juga : Komparasi Toyota New Avanza VS Daihatsu Grand New Xenia
  •  Avanza Veloz tipe termahal.
Avanza Veloz tampil dengan mewah. tipe terlengkap dan pembaruan di seluruh eksterior dan interior seperti grill, fog lamp lebih sporty,  spoiler bumper depan belakang, velg alloy 15 inch model two tone. Headunit 2 Din terkoneksi dengan USB dan AUX 6 speaker. Tersedia juga dua pilihan mesin 1.3 L dan 1.5 L dengan teknologi EFI sehingga menghasilkan tenaga besar namun irit pemakaian bahan bakarnya. Untuk transmisi tersedia pilihan Manual (M/T) , atau transmisi Otomatis (A/T).

  •  Avanza Tipe X
Avanza 1.5 X ini hadir di negara tetangga Malaysia dengna ciri khas ala SUV pada bagian body kit yang berbalut plastik warna hitam, roof rail serta velg model two tone sehingga mobil terlihat lebih "kekar". Bagian interior juga di dominasi dengan warna hitam Untuk mesin masih sama dengan tipe lainnya. Di Malaysia mobil bergaya crossover ini dibanderol dengan harga 290 jutaan. 

toyota avanza X
photo:paultan.org
Nah sekarang sudah tahu bukan, tentukan pilihannya sesuai dengan budget dan juga kebutuhan sobat. 

7 Responses to "Perbedaan Tipe Toyota Avanza E, G, S, dan Veloz"

  1. Tipe avanza mana yang sekiranya cocok untuk perjalanan jarak jauh dan handal dimedan yang berbukit? terus belakangan ini mobil avanza di tempat kami berat tarik annya kalau dipakai dimedan yang berbukit.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya pilih tipe yang tertinggi saja yaitu Veloz karena mesinnya sudah 1.5 L

      Delete
    2. OK, memang toyota veloz bagus, kendalanya memang masih mahal bagi kami untuk beli sendiri, plus juga ni di daerah kami rata-rata hanya punya mobil innova, kalau pun ada yang merentalkan mobil ya mobil Avanza E dan G, mungkin samean ada channel yg memiliki avanza veloz. trims

      Delete
  2. Ada Info Baru Tentang Penjualanya Min? Mengingat Kini Banyak Pemain Baru di Kelas LMPV saat ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya di salip ama Xpander untuk penjualannya mas bro :)

      Delete
  3. Pinginnya punya veloz tapi apadaya keuangan tak mencukupi jadi avanza g aja

    ReplyDelete