Facebook

Fitur, Tipe dan Spesifikasi Daihatsu Ayla


Berita Otomotif - Daihatsu kabarnya sudah bahwa menjual Daihatsu Ayla secara indent di jaringan authorized dealer Daihatsu. Hal ini tentunya kabar baik bagi yang ingin membeli mobil ini. Daihatsu Ayla hadir dengan varian 6 warna yaitu warna light blue metallic, dark grey metallic, classic silver metallic, ultra black solid, icy white solid dan light blue solid. Mobil murah ini akan bersaing dengan Datsun Go, Suzuki Karimun R, Toyota Agya dan Toyota Agya.



untuk harga yang termurah ada pada tipe Daihatsu Ayla D yang dibandrol dengan harga 76 juta. Semakin lengkap fiturnya, maka makin mahal harga jual on the road (OTR)- nya.



Daihatsu Ayla memakai platform mesin 3 silinder 998 cc DOHC bertipe 1KR-DE EFI, 5 transmisi percepatan. Dengan Tenaga maksimal 65 dk di putaran 6.000 rpm, untuk torsinya 85,3 Nm di kitiran 3.600 rpm. Dimensi keseluruhan P x L x T (3.600 mm x 1.600 mm x 1.520 mm), dengan berat kosong 745 kg. Kapasitas idealnya untuk 4 orang, dan maksimal hingga 5 orang. Ground clearance-nya 180 mm, lalu radius putarnya 4,4 m. Berikut fitur daihatsu Ayla menurut Variannya:

Daihatsu Ayla D dilego dengan harga 76 juta

Tipe D merupakan tipe standard Daihatsu Ayla ini tidak dilengkapi dengan AC dan juga sistem audio. Pada beberapa bagian masih dilabur cat standar yakni berwarna hitam atau material color yakni spion, bumper depan dan handle pintu. Peleknya berukuran 13 inci berjenis steel wheel atau lebih sering disebut pelek kaleng. Untuk material joknya dilapis vinyl, lalu di pada bagian dasbornya dilengkapi dengan digital indicator meter. Ayla tipe D ini hanya tersedia warna ultra black solid icy white solid dan light blue solid.

Daihatsu Ayla D+ harganya 85,4 juta

Untuk Ayla tipe D+ ini sudah dilengkapi dengan AC dan (EPS) electric power steering. Pada Beberapa bagian pun telah dilabur cat sesuai warna bodi mobil yakni spion, bumper depan dan handle pintu. Bentuk dasbor pun dibuat lebih terlihat elegan dengan aksen lekukan. Utuk bagian yang lainnya masih sama dengan varian di bawahnya yaitu Ayla tipe D.

Daihatsu Ayla M harga 90,4 juta untuk yang Manual dan dan 99,4 juta untuk versi matic

Tipe M selain dilengkapi AC dan electric power steering, juga ada fitur central lock serta power windows. Selain itu jug adapula molded door trim beserta pocket door trim dan seat back pocket. Namun tetap menggunakan pelek kaleng, yang dilengkapi dop.

Daihatsu Ayla X harga 97,4 juta versi manual dan 106,4 juta versi automatic

Ini adalah tipe tertinggi dan komplit. Ini biasanya dilengkapi dengan center cluster, tachometer serta MID, integrated audio system, quarter trim, elegant steering, wheel chrome shift knob, dan seat belt di 2 kursi belakang. Bagian eksteriornya terdapat fitur chrome grill bemper, spoiler, side body moulding, fog lamp, electric mirror, black out pillar dan velg 14 inchi dengan 6 spokes alloy.

Kelebihan atau Keunggulan Daihatsu Ayla:

  • BBM nya lumayan irit abis
  • Bagasi cukup luas, lumayan lah
  • Layanan aftersales dan sparepart melimpah ruah di seluruh nusantara
  • Part variasi juga banyak tersedia
  • Model kompak dan praktis, mudah parkir
  • Kabin lumayan luas untuk kelas LCGC
  • Bagian sound system jika volume sedang masih oke
  • Suspensi empuk, namun limbung

Kelemahan atau Kekurangan Daihatsu Ayla:

  • Mesin 3 silinder membuat getaran mesin masuk ke dalam kabin trutama bagian kemudi dan pedal.
  • Posisi tuas transmisi versi manual terlalu di bawah sehingga agak sedikit jauh menjangkau
  • Bagian tuas transmisi matic atau AT, hanya ada tulisan biasa penanda indikator tanpa ada backlight sehingga pada malam hari juga main feeling aja karena pada bagian speedo juga tidak ada indikatornya. 
  • Headrest menyatu dengan jok sehingga tidak bisa distel. 
  • Untuk suara speakernya, jika dinaikkan volume tinggi, bagian doortrimnya juga ikut bergoyang :) 
  • Rasa nyetir berasa kaku alias no fun to drive.
  • Tuas bagasi belakang tidak tersedia, untuk membukanya harus menggunakan kunci atau tarik tuas di dalam.
  • Bagian dashboard berasa ringkih apalagi pas lewat polisi tidur atau jalan rusak.
  • Body roll berasa karena efek dari empukknya bagian suspensi.

Jadi Daihatsu Ayla atau Toyota Agya bisa jadi pilihan yang terjangkau di kantong Anda. 

Di tahun 2021 ini, harga mobil Daihatsu Ayla bekas sangat terjangkau terutama tipe yang terendah yaitu sekitar Rp 55 juta. Tentunya bagi yang ingin memiliki mobil yang lumayan bagus dan bandel mesinnya bisa menjadika Ayla sebagai mobil pilihan bagi keluarga kecilnya. 

Berikut daftar harga mobil bekas Daihatsu Ayla yang diambil dari berbagai sumber media per Januari 2021

2013 Ayla tipe D Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 55 Jutaan
2013 Ayla tipe M Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 60 Jutaan
2013 Ayla tipe M Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 60 Jutaan
2013 Ayla tipe X Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 65 Jutaan
2013 Ayla tipe X Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 65 Jutaan

2014 Ayla tipe D Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 60 Jutaan
2014 Ayla tipe M Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 65 Jutaan
2014 Ayla tipe M Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 65 Jutaan
2014 Ayla tipe X Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 70 Jutaan
2014 Ayla tipe X Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 70 Jutaan

2015 Ayla tipe D Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 75 Jutaan
2015 Ayla tipe M Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 70 Jutaan
2015 Ayla tipe M Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 80 Jutaan
2015 Ayla tipe X Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 75 Jutaan
2015 Ayla tipe X Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 75 Jutaan

2016 Ayla tipe D Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 85 Jutaan
2016 Ayla tipe M Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 75 Jutaan
2016 Ayla tipe M Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 90 Jutaan
2016 Ayla tipe X Automatic mesin 1.0 liter dimulai dari harga 85 Jutaan
2016 Ayla tipe X Manual mesin 1.0 liter dimulai dari harga 80 Jutaan

Tips Membeli Ayla bekas atau second

Pilihlah Ayla yang memiliki service record di bengkel resmi, sehingga ini tentunya akan membuat kita yang membeli menjadi lebih tenang. Karena pengguna Ayla sebelumnya adalah green driver atau pemula dalam merawat mobilnya.

Perhatikan juga kilometer atau jarak tempuh mobil ini dan pastikan umur dan jarak yang ditempuh masuk akal, rata-rata 10-15 ribu km per tahun, jika lebih dari itu sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membelinya. 

Shiter Matic di cek, penyakit pada Ayla bertansmisi matic adalah adalah tuas transmisi yang terasa keras saat pindahkan.

Bagian kaki-kaki juga harus du cek lagi, yang sering bermasalah dari beberapa pengguna adalah shockbreaker bagian belakang.

Lakukan uji coba atau test drive, perhatikan bunyi bising yang berlebih dari dashboard dan bagian lainnya. Jika terlalu berlebihan, bisa jadi pertimbangan mencar yang lain.

4 Responses to "Fitur, Tipe dan Spesifikasi Daihatsu Ayla"

  1. Saya pemilik Daihatsu Ayla tipe X A/T. Saya menggunakannya selama beberapa hari ini untuk pemakaian dalam kota dengan kondisi traffic lancar (tidak macet). Yang saya rasakan, konsumsi bahan bakar tidak dapat dibilang hemat. Indikator digital pada speedometer menunjukkan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 9,6 km / liter. Jadi hampir tidak ada perbedaan dengan mobil lain seperti pada umumnya.
    Saya sudah berusaha menggunakan dengan benar. Pedal gas tidak selalu diinjak dan lebih memanfaatkan sisa gaya dorong sentrifugal yang ada, hampir tidak pernah berakselerasi dengan keras atau mendadak, juga selalu berusaha agar lampu indikator "Eco" pada dasbor menyala.
    Demikian yang saya keluhkan sehubungan dengan konsep LCGC.
    Semoga informasi ini bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata ada yang udah make nih, namun agak kecewa dengan hasil konsumsi bensinnya. terima kasih sudah berbagi disini, mungkin ada yang udah pernah pake, bisa berbagi tentang ayla ini? silahkan :)

      Delete
    2. Saya pemilik Ayla X M/T selama menggunakannya indicator eco diterapkan hasilnya memang irit..pengisian bbm 25 liter bisa menempuh jarak 491 km menerapkan metode full to full ..pemakaian bervariasi dalam dan luar kota..agak meleset lumayan banyak bila di lihat lewat MID hanya 473 km akumulasi tiap perjalanan

      Delete
  2. Nice info bro ,, thankz for sharing ,,,

    ReplyDelete