Facebook

Perbedaan Xenia Mi, Xi dan Li

Daihatsu Xenia 1500 cc - Mobil xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang paling banyak ditemui di jalan raya. Meskipun banyak mobil baru mulai perlahan mencoba mengalahkan dominasi dari Avanza dan Xenia. Kita bisa lihat saat ini sudah banyak mobil jenis low MPV ini yang seliweran dijalan seperti Ertiga Sport 2019, Xpander dan Mobilio.  Baca juga update terbaru tentang Harga Spesifikasi Toyota All New Avanza Veloz 2022 dan juga tentang Kupas Tuntas Daihatsu All New Xenia 2022.

Selain itu Toyota juga sudah meluncurkan Avanza Veloz 2019 dan juga Toyota Raize yang sudah memiliki beberapa fitur terbaru seperti immobilizer keys dan star stop button. Bahkan mobil pabrikan dari Perancis yait Renault juga turut andil dalam persaingan mobil LCGC dan low MPV ini dengan meluncurkan Renault Triber di Indonesia. Mobil yang serupa dengan toyota Avanza ini memiliki 3 tipe yang berbeda. Apa saja itu perbedaan Xenia xi dan li,:


xenia
daihatsu xenia

Baca juga disini Sejarah Xenia serta tentang Yamaha NMAX 2020

- Tipe Mi merupakan tipe terendah atau standard. Tipe ini menggunakan mesin 1000cc dengan 3 silinder, tidak menggunakan power steering. Sehingga akan membuat tangan Anda makin berisi alias berotot saat memutarnya, karena dibutuhkan tenaga, namun pada tahun 2005, Daihatsu sudah menambahkan power steering pada tipe ini.

- Tipe Li memiliki variasi dan fitur lebih lengkap. Sudah menggunakan power stering

- Tipe Xi, sama dengan tipe Li, perbedaanya adalah tipe ini menggunakan mesin 13000c. Tipe ini juga memiliki dua model transmis yaitu manual dan matic.

Spesifikasi Xenia XI Mi Li

Baca juga Konsumsi BBM Xpander dan tipe daihatsu Ayla
Perbedaan Tipe Kijang Super, Grand Extra, Rover dan Jantan Raider

Nah agar lebih lengkap lagi sekarang saya jabarin satu persatu tipe atau paket Daihatsu Xenia generasi pertama ini yaitu Plus, Deluxe, Family dan Sporty. Berikut kelengkapan pada masing-masing varian pada Daihatsu Xenia:

Daihatsu Xenia Mi Plus merupakan tipe terendah, untuk kelengkapannya adalah velg kaleng dope, Single Din yang hanya bisa memutar Radio dan Tape, sudah memiliki central lock.

Daihatsu Xenia Li/Xi Deluxe sudah dilengkapi dengan Power Steering, Radio Tape CD Player, Power Windows dan ditambah dengan sensor parking.

Daihatsu Xenia Li/Xi Plus dilengkapi dengan Velg Racing ukuran 13 inci untuk Li dan 14 inci untuk Xi, Grill berlapis krom serta Alarm Remote.

Daihatsu Xenia Li/Xi Family memiliki kelengkapan sama dengan tipe Plus ditambah dengan spoiler dan tanduk depan serta pegangan pintu yang sudah di krom dan memiliki side molding.

Daihatsu Xenia Li/Xi Sporty memiliki kelengkapan yang sama dengan Family ditambah dengan tanduk belakang serta roof rail yang membuat tampilannya makin sporty.

Daihatsu Xenia Li/Xi A/T dilengkapi dengan pengatur spion elektrik, grill berwarna krom.

Baca juga disini untuk melihat perbedaan All New Daihatsu Xenia D M X R. dan juga Perbedaan Tipe Great Daihatsu Xenia yang baru saja diluncurkan.

Semua tipe xenia ini hanya memiliki single blower. Sangat berbeda dengan toyota Avanza yang sudah dilengkapi dengan double blower kecuali Avanza Tipe E. Baca juga disini perbedaan Tipe Xpander GLS, Sport dan Ultimate.

Meskipun Xenia juga bisa dipasang double blower, tapi sebaiknya jangan memasang pada Xenia yang menggunakan mesin 1000cc karena akan mengakibatkan beratnya kinerja mesin.

Baca jugaReview Impresi Berkendara Daihatsu Xenia 1.5 Terbaru

Harga Xenia lebih murah daripada Avanza, karena itulah banyak masyarakat yang masih memilih Xenia sebagai mobil keluarga. Namun sekarang sudah hadir All New Xenia yang memiliki fitur lebih baik lagi dari sebelumnya dan lebih irit. Lihat saja disini untuk Konsumsi BBM Avanza.

Untuk harganya xenia ini bisa ditebus dengan harga 60-110 jutaan tergantung tipe dan kondisi kendaraannya masing-masing. Harganya memang semakin menurun, karena saat ini semakin banyak mobil baru dengan harga yang cukup murah dan salah satunya adalah mobil asal pabrikan China yang memiliki fitur yang tergolong lengkap dikelasnya yaitu Wuling Confero. Untuk pemakaian konsumsi bahan bakarnya Xenia ini bisa mencatat 10-15 km per liter tergantung kondisi jalan dan bebannya. Berikut dibawah perkiraan harga Xenia Bekas 2004 -2015.


Berikut beberapa kelemahan umum Xenia yang diambil dari liputan6.com dan beberapa sumber lainnya:

1. Kinerja mesin dengan 1.000 cc dengan kode EJ-VE sering mengalami "ndut-ndutan". Hal ini terjadi pada saat pergantian gigi rendah 1 dan 2.

2. Kinerja kaki-kaki atau suspensi kurang maksimal saat melewati jalan berlubang atau polisi tidur. Istilah lainnya "ajrut-ajrutan". Hal ini tentu membuat kenyamanannya semakin berkurang serta menimbulkan gejala limbung atau body roll di kecepatan tinggi.

Baca juga: Perbedaan Taruna CL, CX dan CSX, FL, FX, FGX, Oxxyx
`
3. Kesenyapan kabin masih kurang, hal ini bisa dirasakan dengan mendengar suara mesin 3 silinder yang masih masuk ke dalam kabin. Apalagi saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

4. Stering Rack sering bermasalah terutama pada bagian Electronic Power Steering (EPS). Gejalanya umumnya roda kemudi terasa "oblak".

5. Sistem pendingin masih pakai single motorfan sehingga membuat kinerja mesin atau motorfan menjadi berat dan juga berpengaruh pada tarikan mesin yang juga menjadi berat. Baca juga Penyakit Xenia Li 1000 cc

6. Switch lampu Daihatsu Xenia rentan rusak menurut para penggunanya sehingga harus sering diganti.

7. Putaran Stasionernya atau idle mesinnya acapkali tidak stabil terutama versi 1.000 cc terutama pada saat AC dalam kondisi mati. Namun hal ini akan normal jika AC dalam keadaan nyala. Penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada IACV ataupun ISC ( Idle Air Controler Valve atau Idle Speed Controler) yang mengontrol kapasitas udara yang masuk ke bagian intake disaat throttle bodi dalam keadaan tertutup.

Tips Membeli Xenia Bekas

Sebagai tambahan info, disini akan di jelaskan mengenai cara membeli mobil xenia bekas, selain tentunya fisik, interior dan kelengkapan surat-surat diperhatikan terlebih dahulu:

1. Bagian kaki-kaki jadi salah satu yang diperhatikan karena Xenia biasanya jadi mobil dengan jam terbang yang tinggi, dan cek juga bagian power steering serta kondisi ban.

2. Lakukan juga test drive, dan rasakan bantingan suspensinya apakah masih nyaman atau keras terutama saat melewati jalan berlubang. Pada saat test drive, Anda juga bisa merasakan apakah perpindahan giginya lancar atau tidak.

Komparasi Toyota New Avanza VS Daihatsu Grand New Xenia

3. Periksa bagian mesin, cek adakah kebocoran oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem dan bagian air wiper. Periksa dengan melihat ke bagian bawah kolong juga.

4. Sebaiknya pilihlah mobil dengan servis rutin di bengkel resmi, hal ini bisa ditanyakan pada pemiliknya dengan menunjukkan buku servis rutin.

5. Untuk bagian dalamnya, perhatikan juga bagian pada dashboard, panel pintu, jok dan plafon apakah terawat dengan baik atau tidak. Jika bersih, hal ini tentu akan menjadi nilai tambahan bagi Anda.

6. Cek bagian AC, periksa apakah sistemnya masih bekerja dengan sempurna, hal ini bisa Anda coba dengan menyalakannya dan merasakan dingin atau tidak.

7. Carilah xenia bekas dengan tahun yang lebih muda, karena kondisi tentu lebih baik dari tahun sebelumnya. Perhatikan juga odometer dan riwayat mobil dengan pemilik lamanya.

Nah selain itu ada alternatif lainnya juga dengan budget 100 hingga 110 jutaan, kamu juga bisa menebus mobil baru dengan kapasitas tujuh penumpang seperti  Calya Sigra yang juga penjualannya semakin meningkat di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Tipe Kijang SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX

Konsumsi BBM Xenia Versi User

Blogger 1 : Xenia Li (1.000cc) Manual 2009 dengan konsumsi BBM 10 km per liter untuk dalam kota, sedangkan untuk perjalanan luar kota bisa mencatat 17 km per liter.

Blogger 2: Xenia Xi 2010 1300 CC,  Manual untuk perjalanan mudik denngan menggunakan Pertamax + Premium bisa mencatat 15,2 km per liter.

Blogger 3 :  Xenia Xi kapasitas 1000 CC mendapatkan 19 km/liter saat di tes jalan tol dengan kecepatan konstan.

Blogger 4: Konsumsi bbm paling boros 1:9 dan paling irit nyaris 1:15. Xenia deluxe 2011 kondisi ac selalu on.

Blogger 5: xenia li vvti 1.0 th 2007 lumayan irit 1:15, klo bawanya santai dan lembut bisa mencapai 1:20 km per liter

Blogger 6: Great xenia 1.0 pemakaian dalam kota 1:8-9 padahal rpm selalu saya jaga di 2000-3000, mentok kalo mau geber paling 4000. Rata2 di 3000 rpm.

Blogger 7: xenia Li vvti thn 2010 rute cikampek ke lombok bisa mencatat 16-17 km/ liter dengan metode full to full.

Blogger 8: Xenia Xi 1.3 manual 2004 untuk rute dalam kota 1:10 luar, kalo kota 1:14. bahan bakar premium

Blogger 9 : Pakai Xenia li 2005, dalam kota jakarta cukup macet bisa mencatat 1:8-9. luar kota bisa 1:14-16 km per liter

Blogger 10 : Pakai Xenia Xi 2008 MT, dalam kota jakarta cukup macet bisa mencatat 1:9. luar kota bisa 1:13 km per liter pakai premium

Blogger 11 : Xenia 1.3 vvti 2009 MT. Dalkot 1:9-10. Lurkot 1:13 km perl iter

Blogger 12: Saya pernah pakai Xenia Li 2005 s.d 2008 Bensin dalam kota 1:9,5/1:10 luar kota 1:13

Blogger 13 :2008 pakai Xenia Xi VVTi, dalam kota 1:10/1:10,5 luar kota 1:14

Blogger 14: Daihatsu Xenia Xi A/T 2009, 1.300 CC Konsumsi BBM dalam kota : 1 liter untuk 8.5 liter

Blogger 15: Daihatsu Xenia Xi A/T 2009, Xenia matik hanya meminum bensin sebanyak 5,3 liter. Berarti 1 liter bensin bisa untuk jarak 10,4 km. Sementara catatan versi manualnya, Xenia sanggup menempuh jarak 11 km untuk 1 liter bensin.

Forum 1 : Xenia 1.0 non vvti (Matic) untuk dalam kota 89-9 km per liter sedangkan luar kota bisa 10-11 km per liter

Forum 2: Xenia Mi 1000 cc MT perjalanan luar kota saat mudik, dengan konsumsi bahan bakar 16km per liter

Tabloid OTOMOTIF: untuk pemakaian dalam kota Xenia Li 1.000 cc tercatat 12 km/liter, sementara pemakaian luar kota didapat angka 15 km/liter.

Baca juga: Perbedaan Nissan Livina dengan Xpander 2019

25 Responses to "Perbedaan Xenia Mi, Xi dan Li"

  1. ini merk motor xenia baru ya? yang dulu kurang top tampilannya

    ReplyDelete
  2. Untuk shok depan cenia apakah sama 1000 dan 1300

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sapertinya sama, perbedaan hanya pada mesin..CMIIW

      Delete
  3. Saya pemakai xenia 1000cc tahuj 2013. Semua kejelekan yang diceritakan tidak terbukti. Logika saja sekian puluh tahun puluhan ribu pemakai xenia 1000cc, tidak ada yg complain signifikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih om inputnya, kemungkinan itu untuk xenia generasi pertama

      Delete
  4. Ane bingung milih avanza 2008 atau xenia 2010 harga sama.mhn pertibgnnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor juga sih mas bro..tapi kalo kondisi sama dan harga sama..menurut ane pilih yang lebih muda, karena pastinya nanti pengaruh ke perawatannya..CMIIW

      Delete
  5. Mobil saya Xenia 2015. Mantap. Bahkan bisa ngebut 120-140km/jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, hati02 jangan melebihi batas kecepatan yang disarankan om

      Delete
  6. Saya lagi cari xenia utuk wilayah kota tasik.... berapa ya harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung tipe nya, silahkan googling aja atau lihat di website terpercaya

      Delete
  7. Xenia li 1000cc 2009 plat karawang 79jt itungannya mahal apa murah.saya sendiri orang banyumas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mobil bekas, memang harus teliti memilihnya mas bro, sebaiknya pakai jasa untuk pengecekan kondisi mobil sehingga gak kecewa dengna mobil tersebut

      Delete
  8. Bos, klo Xenia Li sporty sama taruna fgx Efi mendingan mana? dari fitur, dapur pacu, sama fasilitas lainnya?

    ReplyDelete
  9. Bos, xenia Li/di dengan taruna fgx Efi mendingan mana, dari segi fitur dapur pacu sama fasilitas lainnya ?

    ReplyDelete
  10. Xenia Xi tahun 2010 apa ada yg pakai velg kaleng ?

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat om penjelasannya

    ReplyDelete
  12. Mau tanya nih bos.. Kalau LI vvt-i th 2009 itu silinder berapa ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab kalau Xenia LI VVT-I itu 3 silinder 1000cc.

      Delete