Facebook

Inilah Spesifikasi dan Harga Toyota Raize, Fiturnya Ciamik Bro!

Toyota Raize baru saja diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada akhir April 2021. Mobil baru dari Toyota ini menambah persaingan kelas Sport Utility Vehicle (SUV) tentunya di level entry atau pemula. Karena Toyota sendiri menempatkan Raize tepat berada di bawah SUV andalannya yaitu Toyota Rush yang sudah lebih dulu mendapat tempat para pecinta otomotif di Tanah Air. FYI gaes, mobil ini sudah terlebih dahulu diluncurkan di Jepang dan menjadi mobil terlaris kedua di negeri tersebut pada tahun 2020. Dan mobil ini dirancang bukan untuk pasar Indonesia namun juga dipasarkan secara global. Dan saat ini mobil ini sudah dirakit di Indonesia.

Toyota Raize

Namun yang perlu diperhatikan disini adalah garganya yang terpaut tidak terlalu jauh yaitu sama sama di harga Rp 200 jutaan. Namun Toyota memastikan bahwa kedua nya tidak akah terlibat persaingan karena beda segmentasi. Dimana Toyota Raize ini ditujukan bagi kaum milenial, anak muda atau first car bagi keluarga baru dengan kombinasi 5 penumpang. Sementara untuk Rush lebih ke keluarga yang mapan atau dewasa karena Rush memiliki kapasitas 7 penumpang. Mobil ini cocok bagi peminat otomotif yang mencari mobil kecil, compact, irit, enak di setir serta cukup fleksibel buat di bawa ke berbagai medan jalan di Indonesia. 

Saat melihat ke bawah kap mesin terlihat mesin yang kecil, memang Raize dibekali mesin 1KR-VET 1.000 cc 3-silinder turbo bertenaga 98 ps atau setara 96 tk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Jika dibandingkan, torsinya ini setara dengan mobil berkapasitas 1.500 cc seperti Avanza dan Mobilio. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak roda depan, melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT. Sementara mesin tiga silinder 1.200 cc WA-VE Dual VVT-I dengan tenaga mencapai 88 PS pada dan torsi puncak 113 Nm. Tersedia pilihan penyaluran daya tipe CVT atau manual 5-speed.  

Desain

Dari segi desain, Raize terlihat sangat proporsional sebagai SUV Compact. Sangat menarik dilihat, cocok sesuai segmennnya yaitu anak muda. Desain bumper trapezoidal serta sudut siku di depan makin membuatnya terlihat sporty. Ditambah dengan model lampu headlamp LED minimalis yang dilengkapi DRL serta teknologi Automatic High Beam yang secara otomatis lampu jauh akan berganti menjadi lampu dekat apabila ada mobil atau sinar lain dari arah berlawanan arah. Lampu seinnya running LED model Lexus, Namun untuk lampu foglamp masih menggunakan halogen. 

Sementara desain velg juga ciamik dengan model two tone, Raize memakai ukuran 16 inci hingga 17 inci di tipe 1.0 Turbo GR Sport dan untuk tipe GR ini velgnya berwarna hitam dengan ban 205/60/17. Kemudian ada tulisan turbo di bagian samping kap mesin serta sticker GR dibagian bawah sampung, kemudian Raize sudah ada talang air dan dibagian belakang atas dilengkapi antena model shark fin. Rem depan menggunakan cakram namun untuk bagian belakang masih tromol.

Beralih ke belakang, terlihat stoplamp yang sudah LED namun lampu sein dan lampu mundur masih bohlam biasa. Emblem Raize tersemat di bagian kiri dan ada tulisan 50, yang menandakan Toyota Indonesia sudah 50 tahun ada di Indonesia. Serta di kanan ada tulisan GR Sport di samping kanan. Selain itu terlihat tambahan plastik juga dibagian samping kaca belakang sehingga makin membuat aura sportynya semakin kental.

Toyota Raize mempunyai dimensi compact dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, dengan wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm. 

Sementara itu, interiornya terbilang lapang, Raize dilengkapi sejumlah fitur seperti layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern serta dapat diganti dalam empat opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Panel Speedometernya bagus dengan animasi menarik dan sudah digital. Terlihat tampilan RPM dan tampilan lainnya yang berisikan informasi mobil. Dan ada satu yang unik yaitu, di panel MID tersebut ada tampilan arah ban saat kita belok yang sangat memudahkan saat parkir. Ada paddle-shifter, keyless entry, start-stop engine button sampai climate control yang akan memudahkan pengemudi. 

Selain itu, terdapat fitur lain seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder yang dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistem. Sungguh memanjakan ini mobinya, apalagi dengan kualitas audio yang terbilang bagus serta build quality bagian dashboard yang juga oke.

ACnya sudah digital dan ada autonya namun untuk arah semburannya tidak lengkap, hanya arah ke depan saja, tidak ada ke bawah dan lain sebagainya. Tombol AC desainnya juga sudah modern, dan tombol start stop engine nya bukan di sebelah kanan setir tapi dekat dengan tombol AC digital. Masih di bagian tengah dashboard bawah, ada colokan usb 12 volt dan fast charging 2,1 Ampere. 

Untuk kompartemen juga lumayan banyak, baik di bagian pintu serta juga ada di samping setir kanan yang sangat berguna untuk menaruh botol bagi pengemudi. Setirnya sendiri dibalut dengan kulit sintetis yang lumayan bagus sehingga makin enak dipegang.

Kemudian jika kita buka bagian belakang, terlihat bagasi yang lumayan luas, dan bisa diatur bisa rata lantai atau malah bisa di taruh lebih ke dalam dan lebih luas. Untuk ban cadangan, terletak di dalam bagasi, Raize GR ini mengguanakan velg yang sama dengan ke 4 velg lainnya, jadi bukan velg kaleng ya. Untuk bagian atas juga dilengkapi dengan tray fleksibel yang bisa dilipat, Tray ini hanya berfungsi sebagai pembatas saja, karena tidak bisa untuk menaruh barang diatasnya.

Untuk pengaturan kursi belakang, mempunyai opsi 2 step sehingga bisa nyaman untuk penumpang belakang dengan sistem 60:40. Bagian leg room dan head room masih lega untuk tinggi 170 ke atas, namun bagian kursinya tidak dilengkapi dengan arm rest. Selain itu dari sisi pelipatan kursinya juga bisa rata lantai, sehingga makin banyak muat barang. Namun ventilasi AC tidak ada di bagian belakang, hanya ada colokan usb saja. Seatbelt 3 titik untuk semua penumpang termasuk head rest untuk 3 penumpang belakang.

Saat mesin 3 silinder di starter, getaran masih tetap terasa sedikit lebih baik daripada mesin Agya atau Ayla. Serta suara mesin 3 silinder juga masih terasa meskipun dilengkapi dengan turbo. Untuk posisi duduk didalamnya lumayan ergonomis, terasa nyaman dengan penempatan setir, rem tangan serta arm rest yang mendukung buat pengemudi. Namun untuk setir belum teleskopic hanya bisa tilt steering aja atau turun naik. Saat dicoba melewati jalanan yang berlubang, peredam kejutnya cukup mampu untuk menahan goncangan dan bisa dibilang lumayan shockbreakernya tidak empuk dan juga tidak keras. Setirnya saat diputar juga stabil, dibilang enteng gak, dibilang berat juga tidak serta radius putarnya sedang. Dari sisi pengemudi, visibilitasnya juga oke. 

Saat gasnya dibenamkan, ada turbo lag atau jeda sesaat, namun tenaga turbonya lumayan terasa, apalagi saat menggunakan mode sport. Kalau boleh dibilang tenaganya memadai sesuai dengan bobot mobilnya serta lincah dan enak buat diajak bermanuver.

Toyota Raize dilengkapi fitur keselamatan yang tergolong lengkap, meliput 6 Airbag, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.  Bahkan ada juga seatbelt reminder untuk semua penumpang. Maka tak heran kalau Toyota Raize sudah mendapat rating terbaik baik Japan NCAP dan ASEAN NCAP.

Selanjutnya, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, kamera mundur hingga sensor parkir sudah menjadi peranti standar. Dan yang paling menarik, Toyota Raize juga sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) dengan harga termurah saat ini di Indonesia.

Fitur-fitur lainnya ada Blind Spot Monitor, Adaptive Cruise Control, Pedal Misoperation Control, Pre Collision System, Front Departure Alert sampai Lane Departure Assist with Steering Control. Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Adapun TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high-premium segmen.

Toyota Raize punya enam varian, dua bermesin 1.200 cc dan empat 1.000 cc dengan bantuan turbo.

  • Raize 1.2 G M/T 
  • Raize 1.2 G CVT
  • Raize 1.0 Turbo G M/T
  • Raize 1.0 Turbo G CVT
  • Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT
  • Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Raize 1.0 Turbo G M/T dibanderol dengan harga Rp236,8 juta. Jika menggunakan skema relaksasi. Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen, maka harganya menjadi Rp219,9 juta.

Raize 1.0 Turbo G CVT dijual dengan harga Rp251,1 juta. Dengan skema PPnBM 0 persen harganya menjadi Rp 233,1 juta.

Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT dipasarkan dengan harga Rp263,2 juta. Bila dikenakan skema PPnBM 0 persen maka harganya menjadi Rp244,7 juta.

Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dibanderol Rp 283,8 juta. Dengan skema PPnBM 0 persen maka harganya menjadi Rp263,7 juta.

Toyota Raize hadir dalam pilihan warna single tone dan two tone. Pilihan warna untuk single tone yakni Black, Gray Metallic, White, Red, Yellow SE, Silver Metallic, dan Turqoise MM.

Sedangkan pilihan warna untuk two tone meliputi Black-White, Black-Red, Black-Yellow SE, Black -Silver Metallic, dan Black-Turquoise MM. Adapun selisih harga antara warna single tone dan two tone sekitar Rp2 juta. Seperti Toyota Raize 1.0T S CVT Two Tone: Rp 247 juta dan Toyota Raize 1.0T S CVT TSS Two Tone: Rp 265,9 juta

Dan satu minggu setelah pelucurannya, Toyota Raize langsung mendapat respon positif dari konsumen di Tanah Air. Hal ini terlihat dari banyaknya pemesan lebih dari seribu orang tepatnya terjual 1.269 unit.

Hasil uji konsumsi BBM Toyota Raize versi media dan pengguna atau user:

GridOto: menguji Toyota Raise GR Sport TSS mendapatkan konsumsi BBM nya yaitu mencatar 14,4 km/liter untuk dalam kota dan 20,5 km/liter untuk luar kota, sementara saat diuji dengan kecepatan konstan di 100 km/jam yaitu di 2.200 rpm, mobil compact ini bisa mendapatkan konsumsi 17,6 km/liter. Konsumsi yang sangat bagus untuk mobil bertenaga turbo ini.

Ulas perbandingan tenaga Toyota Raize dengan Magnite

Sama-sama 3 silinder berkapasitas 1.000 cc, dengan doping turbo intercooler. Kedua mobil ini patut dibandingin, Magnite gunakan mesin dengan volume silinder murni 999 cc dengan tenaga maksimum hingga 99 dk @ 5.000 rpm, dan torsi puncak sebesar 160 Nm @ 2.800-3.600 rpm.

Sementara Raize volume silinder 998 cc dengan tenaga hingga setara 97 dk @ 6.000 rpm, dengan torsi puncak sebesar 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Dilihat dari data diatas, Raize memang lebih kecil 2 dk, namun dicapainya pada putaran mesin yang lebih tinggi 1.000 rpm dan torsi Raize juga lebih kecil 20 Nm dibanding Magnite.

Saat diuji coba di lapangan, salah satu media otomotif GridOto mencatat detailnya sebagai berikut:

  • 0 - 100 km - Raize GR Sport TSS mampu mencapai dalam waktu 11,5 detik, sementara Nissan Magnite Premium mencatat 11,2 detik
  • 0 - 204 meter Raize mencatat 19,2 detik. Sedangkan magnite lebih cepat yaitu ini 18,1 detik.

0 Response to "Inilah Spesifikasi dan Harga Toyota Raize, Fiturnya Ciamik Bro!"

Post a Comment