Facebook

Tips Cerdas Membeli Toyota Avanza Generasi Pertama

Toyota Avanza ini memang sudah jadi langganan bagi showroon ataupun penjual mobil bekas. Apalagi saat ini menjelma menjadi Mobil sejuta umat dari sejak kehadirannya di tahun 2004. Penjualannya tidak terkalahkan selama lebih dari 10 tahun.

Tips Cerdas Membeli Toyota Avanza Generasi Pertama

Ya, mobil ini bandel alias tahan banting, kemudian juga termasuk irit BBM, spare part ori dan KW melimpah dan yang terpenting bagi konsumen +62 adalah harga jual mobil ini sangat tinggi. Generasi pertama ini berthan hingga tahun 2011 dan digantikan dengan wajah baru generasi Kedua dengan facelift yang lumayan berubah banyak. 

Pada generasi pertama ini, Toyota Avanza memiliki 2 pilihan mesin yaitu meisn berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Tepatnya adalah mesin berkode K3-VE 1.300 cc dengan power 94 PS/6.000 rpm dan torsi 120 Nm /4.400 rpm dan mesin 3SZ-VE 1.500 cc menlintarkan tenaga 109 PS/6.000 rpm. Kedua mesin mengusung teknologi teknologi VVT-I dan koil individual direct ignition.

Untuk mesin 1.3 hadir pada Avanza tipe E dan G bertransmisi manual, sedangkan mesin 1.5 baru hadir di tahun 2006 terdapat pada tipe tipe S dengan transmisi manual dan matic. Baru pada tahun 2009 ke atas hadir versi matic untuk tipe E dan G. Untuk tipe E belum dilengkapi dengan double blower.

Bagi masbro yang ingin meminang Avanza Generasi Pertama ini, perlu diperhatikan hal-hal berikut dibawah ini, biar gak salah pilih dan menyesal di kemudian hari:

  • Check Odometer

Umumnya bagi pemburu mobil bekas, mengecek odometer merupakan hal yang sangat penting. Kilometer tinggi bisa jadi menandakan bahwa mobil sudah bekerja dengan berat alias mobil capek. Sehingga makin banyak perbaikan kerusakan yang dibutuhkan baik itu mesin, ban, kaki-kaki, karet dan sebagainya. Sebaiknya sabar mencari mobil yang benar-benar sehat dan perawatan pribadi serta kita tahu perawatannya. 

Syukur-syukur kalo ada service recordnya di bengkel resmi, maka gak usah ragu lagi buat membelinya. Sekalian jika dapat penjual yang amanah ada nota-nota bekas service atau perbaikan untuk mobil yang kita incar ini. Memang kadang banyak juga penjual yang nakal untuk membalikkan odometernya ke angka yang lebih rendah, jadi pastikan untuk memeriksa bagian yang sering dipegang dan mudah diliat seperti setir, tuas transmisi, pedal gas, rem, kopling untuk dilihat apakah masih bagus atau sudah aus.

  • Mesin
Avanza generasi pertama harus di check komponen bagian mesinnya, mesin kering dan tidak ada kebocoran baik diatas ataupun dibawah mesinnya. Kemudian check komponen yang termakan usia atau sudah lewati batas pemakaian seperti motor fan radiator yang masih stabil tidak oblak, begitu juga dengan water pump serta ignition coil masih berfungsi dengan baik.
  • Bodi

Bahan atau material bodi Avanza sering dikenal dengan kaleng-kaleng karena memang agak tipis, jadi pastikan untuk mengecek apakah mobil pernah tabrakan atau benturan. Mobil bekas memang wajar jika ada lecet-lecet pemakaian apalagi di kota-kota besar yang parkirnya lumayan susah. Dan juga check juga apakah mobil tidak bekas banjir atau tidak, dengan cara melihat dibalik bawah karpet apakah ada karat atau tidak.

  • Interior 

Interior pastikan masih layak digunakan, terutama bagian dashboard tidak banyak mengalami perubahan warna, ataupun masih rapat doortrimnya. Check busa jok masih dalam taraf enak untuk diduduki. Biasanya kalo mobil capek terlihat jok sudah mulai tipis terutama dibagian supir dan penumpang depan. Plafon juga dilihat apakah tidak banyak terlihat bercak kotoran atau bau dari asap rokok.

  • Uji coba Fitur

Lakukan pengecekan pada fitur-fitur yang ada pada mobil, sebelum Anda membeli kenali juga fitur-fitur utama pada mobil tersebut, baik itu power steering, power window, AC, lampu-lampu, central lock dan juga mengecek bagian kelistrikannya.

  • Magnetic Clutch atau AC
Mobil yang terawat umumnya tidak akan terlalu banyak kendala atau PR, namun hal yang sering terjadi jika perawatan diabaikan adalah AC yang kurang dingin. Ini karena tidak adanya servis berkala, umumnya yang rusak ada pada usia magnetic clutch-nya.

  • Oli Transmisi

Periksa oli transmisi terutama untuk yang matik, jika oli terlihat hitam, ini tandanya oli sudah lama tidak diganti dan juga cek fisik mesin apakah kering tidak terlihat oli yang rembes atau bocor, dan jangan lupa untuk mengecek di bagian kolongnya.

  • Test Drive Langsung

Lakukan test drive untuk menguji baik itu dari segi handling, kenyamanan, bebas bunyi-bunyian. Sangat disarankan untuk membawa mekanik jika Anda masih awam tentang mesin dan mengecek bagian mobil baik mesin, eksterior dan interior.

  • Surat-surat lengkap
Pastikan mengecek surat-surat baik BPKB, STNK semua Asli dan lebih baik lagi ada faktur mobil, karena ini sangat penting sekali. Hindari beli mobil yang suratnya tidak lengkap, karena akan menyulitkan sobat di kemudia hari. Pastikan juga mobil yang dibeli, pajaknya masih hidup, karena jika pajak mobil mati, untuk mengurus hal ini juga dibutuhkan waktu juga.
  • Check harga pasaran
Agar tidak salah dalam membeli, check harga pasaran Avanza ini, memang patokannya tidak menentu, namun yang pasti semakin tua mobil semakin murah harganya. Untuk pengecekannya, bisa lewat website online seperti olx, marketplace, dan website lainnya. Rajin-rajinlah mengecek mobil yang kamu cari di online, atau jika kamu bingung, banyak jasa inspector mobil yang menawarkan pengecekan mobil berbayar sekitar 200-300 ribuan. Atau jika masih bingung pilihlah dari showroom ternama seperti mobil88 atau dari Toyota Astra langsung dan juga website lainnya yang memberikan garansi untuk pembelian mobil di tempat mereka.
  • Siapkan Uang untuk Perbaikan Mobil Bekas
Sebelum beli mobil, sisakan dana lebih untuk memperbaiki mobil Avanza bekas yang kamu beli. Rata-rata ada Pr atau perbaikan yang tidak diketahui diawal membeli mobil. Baik itu kerusakan ringan atau berat atau penggantian suku cadang. Jadi sisihkan dana sekitar 10 persen dari budget untuk membeli mobil tersebut, ya sekitar 5-10 jutaan lah.

 Oiya, jangan lupa menawar dengan harga yang tepat. Saat ini kisaran Avanza Gen 1 ini ada diharga 65 jutaan untuk tipe yang paling murah, jadi pintar-pintar dalam menawar ya.

0 Response to " Tips Cerdas Membeli Toyota Avanza Generasi Pertama"

Post a Comment