Facebook

Honda City Hatchback, Jadi Pengganti Honda Jazz

Satu lagi pendatang baru dari Honda yang terbaru dari kelas medium hatcback adalah Honda City Hatchback. Honda City Hatchback ini sudah terlebih dulu hadir di negeri Thailand. Banyak pengamat yang memprediksi jika Honda Jazz generasi terbaru tidak diluncurkan juga maka kemungkinan, City hatchback bisa jadi pengganti Honda Jazz? HPM akhirnya meluncurkan City Hatchback ini pada 4 Maret 2020 secara virtual. Namun sayang di peluncuran virtual itu Honda belum merilis harga resmi City Hatchback untuk pasar Indonesia. Honda City Hatchback hadir dengan konsep "Elevate Your Move".

honda city hatchback

Tampilan City Hatchback yang cukup menarik serta desain serta dimensi yang mirip Honda Jazz ini bisa saja masuk ke tanah air untuk mengambil tempat Honda Jazz, atau bisa jadi kedua-duanya hadir dan bersaing dengan kompetitor abadinya yaitu Toyota Yaris.

Supaya tidak penasaran, yuk kita lihat spesifikasi perbandingan Honda City hatchback dengan Jazz yang ada di Indonesia.

Dimensi

Honda City hatchback sudah dijual di Thailand memiliki dimensi panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm serta wheelbasenya mencapai 2.589 mm. Sedangkan Honda Jazz yang ada di Indonesia tampil dengan panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm dengan tinggi 1.524 mm.

Jika kita lihat dimensi yang ada, maka Honda City hatchback ini lebih panjang 314 mm, lebih lebar 54 mm, dan namun lebih pendek 36 mm.




Mesin

Honda City Hatchback RS cuma hadir dalam satu varian saja dengan pilihan transmisi, CVT dan manual 6-percepatan.

Demikian juga dengan piliihan mesin hanya tersedia versi 1.500 cc. Sedangkan di Thailand ada mesin 1.000 cc turbo. Kelebihan dari mesin Honda City Hatchback RS adalah lebih efisien dan lebih hemat mesin Honda Jazz. Lihat saja City Hatchback RS andalkan Double Over Head Camshaft (DOHC) sedangkan Jazz masih Single Over Head Camshaft (SOHC).

Perbandingan tenaga ada di 121 dk dan torsi 145 Nm pada  4.300 rpm, sedangkan jazz pada 4.600 rpm. Dengan perbandingan ini di putaran rendah, mesinnya lebih halus dan efisiensi bahan bakar, lebih hemat 3 persen lebih dari Honda Jazz

Fitur

Beralih ke sektor fitur, terdapat banyak kesamaan terutama pada fitur hiburan yang sudah dilengkapi dengan fungsi konektivitas Apple Car Play dan Android Auto. Fitur keselamatan ada 6 titik airbag, ABS, VSA, dan Hill Start Assist.

Ada fitur unik pada Honda City Hatchback yaitu kamera parkir mundur yang berbeda dengan kamera muncur umumnya. 

Fitur tersebut diberi nama Multi-Angle Rearview Camera atau kamera mundur tiga posisi. Sama seperti kamera mundur biasa cuman terdapat tiga sudut pandang yang berbeda. Pertama, view 130 derajat, ini seperti kamera mundur biasa. Kedua, view 180 derajat yang berguna untuk meluruskan mobil dengan garis-garis parkir. Ketiga, top view yang bisa melihat secara keseluruhan bagian belakang agar tidak membentur objek di belakang saat parkir.

Harga

Soal harga jual, PT Honda Prospect Motor saata ini Honda Jazz dilego dengan harga Rp 250 juta hingga Rp 292 jutaan. Sementara di negeri Gajah Putih, Honda City hatchback dijual saat ini dengan harga 599.000 Baht atau setara dengan Rp 280 jutaan hingga 749 Baht atau setara Rp 350 jutaan.

Pilihan HPM mesin 1.500 cc konvensional pada City Hatchback terkuak dari informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di Jakarta. Mobil dengan kode City HB itu didaftarkan dalam dua varian, yakni 1.5L RS CVT dengan NJKB Rp221 juta dan 1.5L RS MT Rp213 juta.

Bagaimana tangggapannya masbro? Akankah Honda City Hatchback ini menjadi pengganti Honda Jazz? Jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya.

0 Response to "Honda City Hatchback, Jadi Pengganti Honda Jazz"

Post a Comment