Facebook

Daihatsu Xenia dari Generasi ke Generasi

17 Tahun Sejarah Daihatsu Xenia di Indonesia

Daihatsu Xenia sejak awal peluncurannya yaitu tahun 2003 selalu salah satu mobil keluarga yanng diminati meskipun kalah pamor oleh kembarannya sendiri yaitu Toyota Avanza.

Memang sejak diluncurkkan tersebut, Xenia selalu diposisikan dibawah Avanza baik dari segi fitur ataupun mesinnya. Namun hal ini tentunya menjadi pilihan yang terjangkau bagi yang ingin memiliki mobil MPV dengan harga yang lebih terjangkau dari Toyota AVanza.



Saat ini Xenia bekas atau seken ini semakin banyak di cari karena harganya yang murah, saat ini untuk harga yang tahun 2003 dimulai dari harga 60 jutaan.

Biar lebih mengenal tentang mobil murah ini, yuk kita bahas sudah beberapa kali sajakah terjadi perubahan  atau  transformasinya hingga saat ini?

Generasi pertama (2003-2011)

Daihatsu Xenia generasi pertama tampil dengan 3 varian atau tipe yaitu Mi, Li, dan Xi. Varian Mi dan Li mengandalkan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Jika dilihat perbedaaan utama antara Mi dan Li adalah, Tipe Mi atau terendah ini belum dilengkapi dengan power steering  serta varian Mi ini cuma dibekali dengan velg besi atau velg kaleng yang ditmbahkan dengan dop/tutup roda) serta menggunakan head unit single din yang hanya dapat memutar radio dan kaset. Namun, pada tipe mi sudah tersedia central lock.  

Untuk tipe Li dan Xi fitur dan aksesori. Fitur dan aksesori hampir mirip yaitu sudah ada power steering, single din radio tape cd player, power windows, alarm remote, velg alloy, grill berlapis krom, spoiler, electric mirror, roof rail juga sensor parkir. Tipe tertinggi adalah tipe XI dan tipe ini sudah menggunakan transmisi otomatis pada tahun 2009. Daihatsu Xenia juga memiliki tipe tambahan di belakangnya sebagai penanda dalam hal aksesoris intierior dan eksterior dengan pilihan standar Plus, Deluxe, Family dan Sporty.

Xenia generasi pertama sudah 2 kali melakukan minor change yaitu pada tahun 2006 dan 2008. Tahun 2006, Daihatsu menambahkan teknolohi baru pada sektor mesin yaitu dengan hadirnya teknologi VVT-i. pada 2008, terjadi penyegaran pada bagian eksterior.

Generasi kedua (2011-sekarang)

Daihatsu Xenia generasi kedua tampilan dan desainnya juga berubah drastis pada tahun 2011 ini, hadir dengan 4 tipe utama, yaitu tipe 1.0D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tertinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi). Untuk tipe R, tersedia transmisi otomatis.

Pada generasi kedua ini, banyak sektor yang dibenahi seperti adanya AC blower ganda paket-paket aksesoris tetap ada dan ditingkatkan dengan adanya penambahan paket baru yaitu Attivo khusus untuk tipe R dan dipromosikan sebagai Crossover. 

Versi facelift pertama dari Daihatsu Xenia generasi kedua yang dikenal sebagai Great New Xenia hadir pada tahun 2015, tersedia dengan 4 tipe utama yang sama. Sedangkan paket-paket aksesoris yang ditawarkan hanya 1.0M Deluxe, 1.3X Deluxe dan 1.3R Sporty. Pada facelift pertama ini Xenia juga mengakhiri perjalanan dari mesin 1.0 mereka. 

Untuk versi facelift kedua dari Daihatsu Xenia generasi kedua yang dikenal sebagai Grand New Xenia hadir pada tahun 2019, tersedia dengan 2 tipe utama: 1.3X dan 1.3R. Sedangkan paket-paket aksesoris yang ditawarkan hanya 1.3X Deluxe, 1.3R Deluxe dan 1.5R Deluxe. Seluruh tipe sudah dilengkapi dengan AC digital. Grand New Xenia hadir dengan berbagai perubahan eksterior maupun interiornya serta mendapatkan tambahan pilihan mesin yang lebih besar, 1.5L. 

juga hadir teknologi kekinian, seperti smart entry, start/stop engine button. tombol pengoperasian AC digital dan head unit double din full touchscreen serta shark fin antenna. Tak hanya itu, khusus untuk Grand New Xenia 1.5 dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lebih advanced, seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). 

Desain baru lampu depan (headlamp) dan belakang, serta penggunaan LED Headlamp pun membuatnya lebih modern. Di samping itu pencahayaan menjadi lebih terang, fokus, namun tetap hemat daya.

1 Response to "Daihatsu Xenia dari Generasi ke Generasi"