Facebook

Kupas Harga dan Spesifikasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 2019

2019 ini, Toyota akhirnya hadirkan Calya Facelift 2019 untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Apalagi penjualan Toyota Calya ini sangat bagus sejak awal hadirnya pada tahun 2016. Memang sudah selayaknya mobil LCGC ini mendapatkan penyegaran setelah 3 tahun lamanya. Apa saja perubahannya? Yuk kita simak detailnya dibawah ini:

Toyota Calya 2019

Eksterior
  • New Retractable Outer Mirror (tipe G) juga mempermudah dalam pelipatan spion secara otomatis.
  • New LED Headlamp yang tentunya membuat tampilan makin ciamik meski tanpa projector
  • New Front Grille dengan desain baru serta dilapis dengan krome berwarna hitam 
  • New Dark Chrome Element pada backdoor garnish atau garnish pada bagian belakang juga dibalut dengan warna krom hitam.
  • - Desain pelek baru juga mempercantik tampilan dengan modle palang yang lebih ebak dilihat dari versi sebelumnya.
Interior
  • Interiornya kini memiliki warna yang lebih eneka dilihat yaitu paduan warna hitam dan coklat gelap
  • Head unit baru yang diambil dari atau mirip dipakai Toyota Veloz meski tanpa adanya jaringan internet pada head unit tersebut.
  • Untuk kenop Ac juga mengaami peningkatan dengan desain yang lebih modern, lebih bagus daripada hanya sekedar kenop kompor gas.
  • Tempat penyimpanan baru untuk menaruh HP yang posisisnya di bawah tombol AC 
  • Ada storage baru atau sejenis laci rahasia di bawah jok penumpang depan.

Harga Toyota Calya per September 2019

Harga Toyota Calya facelift 2019 yaitu mulai dari 137,4 juta Rupiah untuk tipe terendah hingga 158,4 juta Rupiah untuk yang termahal. Berikut list terlengkapnya on the road DKI Jakarta:

  • Calya E MT Standar Rp 137.436.000, 
  • Calya E MT Rp 140.263.000, 
  • Calya G MT Rp 146.400.000, 
  • Calya G AT Rp 158.4000.000 


Toyota seakan tidak ingin melepaskan kesempatan untuk mendominasi penjualan mobil di Indonesia, setelah meluncurkan Toyota Sienta kini giliran mobil LCGC tujuh penumpang yang akan diluncurkan oleh pabrikan otomotif asal Jepang ini. Mobil yang merupakan "Adik Toyota Avanza" akhirnya diluncurkan juga pada 2 Agustus 2016 tepatnya beberapa hari menjelang ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil ini dberi nama Toyota Calya. Kata Calya diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki artinya sempurna. Sedangkan kata Sigra juga diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna respons yang cepat.

Sedangkan untuk posisi mobil murah ini ada diantara Toyota Avanza Veloz yang ada dikelas low MPV dan Toyota Agya yang bermain di kelas LCGC.

Eksterior Toyota Calya
Calya 2016

Desain
Kalo dilihat secara sekilas, tampilan wajah depan terlihat mirip dengan Vios atau Yaris yang memiliki ciri khas desain Keen Look. Bahasa desain ini pertama sekali diperkenalkan oleh Toyota lewat Auris. Desain velgnya two tone terlihat bagus dengan ukuran 14 inchi.

Biar lebih afdol, nih ada video first impression dari Autonetmagz



Bagian depan dari foto yang beredar, masih menggunakan emblem yang sama dengan Toyota Agya yaitu lambang Garuda. Selain itu Toyota Calya ini juga akan memiliki kembaran dari Daihatsu yang diberi nama Daihatsu Sigra. Sedangkan bagian samping terutama pada bagian belakangnya terkesan mirp dengan Innova terbaru. Selain itu, melakukan beberapa modifikasi Calya Sigra membuatnya tambah keren.

Toyota Calya Agya Indonesia

Pihak Toyota juga menyatakan bahwa produk Calya dan Sigra ini lebih kurang sama dengan Toyota Agya dan Ayla yang dipanjangkan sehingga memuat tujuh orang penumpang dewasa karena memiliki dimensi yang lebih panjang dari kompetitor. Sebelumnya mobil 7 penumpang buatan Daihatsu ini sudah terlebih dahulu diperkenalkan pada tahun sebelumnya yang masih berupa konsep di IIMS 2014 dan bahkan sudah diluncurkan juga Video Commercialnya yang beredar di Youtube dengan nama Daihatsu UFC-3.

Toyota Calya Agya Indonesia

Sepertinya tren mobil LCGC tujuh penumpang ini berangkat dari Datsun Go Panca dan Honda Mobilio yang juga memiliki basisi dari mobil LCGC. Namun untuk di Indonesia pasar mobil ini meningkat penjualannya karena harga yang murah serta daya angkut yang cocok dengan karakter orang Indonesia.

Komparasi Mesin Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go Panca

Toyota Calya menggunakan mesin yang memiliki kode 3NR DOHC, berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i sehingga menghasilkan tenaga lebih besar sesuai dengan ukuran bodi mobil yang juga diperpanjang yaitu  mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm. Untuk transmisi hadir dalam hanya menggunakan 5 percepatan dan otomatis. Jika dibandingkan dengan datsun Go tentu lebih besar tenaganya, karena Datsun Go hanya mampu mengeluarkan daya 68 dk dan torsi 104 Nm.

Teknologi Dual VVT-i ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit dan kompresi juga menjadi naik yaitu 11,5:1 sehingga tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Sedangkan Daihatsu Sigra menggunakan mesin baru 3NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1. 2 liter serta ditambah dengan pilihan mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE 3 silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 8,7Nm. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan Toyota Agya/Daihatsu Ayla.

Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Alya


Fitur Utama atau Kelebihan Calya dan Sigra

Inilah Fitur-fitur utama yang terdapat pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra:

+ Fitur Dual airbags di depan sebagai standar pada Calya. Untuk Sigra dikabarkan hanya memiliki airbag hanya pada beberapa tipe saja.

Toyota Calya Agya Indonesia

+  Fitur immobilizer juga akan menjadi standar kelengkapan untuk Calya biar lebih aman dari tangan jahil alias maling.

+ Fitur Isofix untuk tempat duduk bayi dan juga seatbelt 3 titik pada semua jok dari depan hingga jok bagian belakang.

+ Terdapat sandaran tangan di bagian tengah jok depan, sehingga makin membuat nyaman dalam berkendara.

+ Fitur side impact beams untuk meminimalisir dampak dari benturan atau tabrakan dari samping.

+ Fitur ABS, berarti ini mobil LCGC pertama yang menggunakannya.

+ Ground Clearance lumayan tinggi yaitu 180 mm.

+ Rem tangan dengan model yang melebar dan mudah dioperasikan karena terletak di bagian tengah dibawah sandaran tangan.

+ AC double blower (kipas angin) yang menyalurkan angin AC dari blower depan sehinnga membuat ruang kabin makin dingin merata sampai ke baris belakang. Toyota menyebutnya dengan naman Rear Air Circulation. Idenya bagus juga sih, biar kinerja mesin gak terlalu berat.

+ Power Windows pada bagian keempat pintunya, dan juga terdapat tombol pengarurannya di bagian samping pengemudi untuk kesemua pintu.

+ Head unit Toyota Calya tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth.

+ Tuas persneling menyatu dengan dashboard sehingga ruang kaki kabin depan semakin luas.

+ MID tergolong lengkap dan mudah dibaca.

+ Penggerak Roda depan sehingga bisa membuat konsumsi BBM semakin irit.

+ Bangku baris kedua juga bisa digeser maju mundur, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

+ Bangku baris kedua memiliki tiga buah head rest yang bisa diatur ketinggiannya sehingga membuat nyaman bagi para penumpang. Sedangkan di belakang juga terdapat dua buah headrest yang sama.

+ Bangku baris ketiga juga bisa digunakan untuk orang Dewasa dengan tinggi 170 cm.

+ One touch tumble untuk melipat baris kedua, sehingga memudahkan akses penumpang ke bagian belakang.

+ Ruang bagasi belakang bisa menampung 3 galon air plus barang, hal ini disebabkan karena bangku yang agak tipis sehingga ruang kabin menjadi sedikit lebih lega baik pada semua barisnya. Apalagi bangku baris ketiga dilipat bisa memuat kapasitas 500 liter lebih.

+ Ban cadangan menggunakan velg alloy wheel sama dengan velg standarnya, mantap kan?

Kekurangan
Ada kelebihan, tentunya ada beberapa kekurangannya, soalnya inikan "mobil murah". Yuk kita kupas juga seputar kekurangan duet mobil MPV LCGC Toyota Calya ini

-  Ukuran velg 14 inchi dan ini ukuran kecil untuk sebuah mobil MPV, karena nantinya akan diisi oleh 7 orang penumpang. Selain itu tidal terlihat proporsional dengan body mobil yang lumayan besar. Sebaiknya diganti dengan ukuran 15 inchi sehingga makin berbobot.

- Bahan material interior cukup tipis sehingga terkesan murahan dan mudah tergores, baik pada bagian dashboard dan door trim. Namun hal ini tertutup dengan kerapian pemasangannya.

- Headrest jok bagian depan menyatu dengan body jok, sehingga tidak bisa diatur ketinggiannya, membuat pengemudi tidak nyaman, khususnya yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm.

- Untuk bahan bakarnya, disarankan menggunakan ron 99 atau sekelas pertamax. Tentunya cukup penting bagi konsumen, karena ron 99 merupakan BBM yang tergolong mahal untuk calon konsumennya.

- Peredaman masih belum terlalu bagus karena masih terdengar suara dari luar kabin.

- Tombol AC yang terlihat model lama alias jadul dan kurang sedap dipandang mata, menurut saya sih...hehe.

Tipe Toyota Calya
Menurut beberapa sumber, Toyota Calya akan hadir dalam dua tipe yaitu tipe E dan G dan juga pilihan manual dan otomatis.

Untuk tipe G, Toyota Calya memiliki kelengkapan yang sama dengan Toyota Agya, seperti head unit double din, Power Window, Speedometer dengan MID, eletric mirror. Sedangkan fitur keamanan juga dilengkapai dengan remote alarm, dual airbags dan plus dengan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Velg sudah mengguankan alloy berukuran 14 inci.

Toyota Calya Agya IndonesiaToyota Calya Agya Indonesia

Pada tipe E hanya dilengkapi power windows pada pintu depan saja, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta bagian velgk kaleng dengan dilapisi dop.

Perbedaaan Tipe Daihatsu Sigra D, M, X, dan R
Sigra hadir dalam 10 tipe, yang tentunya menjadi salah satu keuntungan buat konsumen dalam memilihnya terutama dalam masalah budget. Daihatsu membaginya dalam empat model yaitu D, M, X, dan R.

Brosur Daihatsu Sigra


Perbedaan utamanya adalah pada mesin, D dan M menggunakan mesin 3-silinder 1KR-VE 998cc dan hanya ada transmisi manual, sedangkan tipe X dan R memakai mesin baru 4-silinder 3NR-VE 1.197cc dengan pilihan manual dan otomatis.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan tipe dan kelengkapan fitur pada Daihatsu Sigra:

Daihatsu Sigra tipe D
Bagian eksterior hadir dengan gril  dan bemper sewarna dengan bodinya, velg kaleng menggunakan ukuran 13 inci, kaca spion model biasa berwarna hitam, terdapat antena di bagia atap, dilengkap dengan garnish bagian belakang sewarna dengan bodinya. Selain itu juga dilengkapi dengan front air diffuser dan front stabilizer.

Beralih ke interior, bagian dashboard menggunakan warna two-tone, serta transmisi yang menyatu pada dashboard, handle pintu menggunakaa material yang sewarna interior. Jok depan menyatu dengan head rest, jok baris kedua menggunakan kombinasi pelipatan 60:40. Selain itu terdapat sun visor, rem tangan dan upper air ventilator. Jok menggunakan bahan material fabric. Fitur lainnya adalah door pocket, front shopping hook, rear quarter trim pocket, assist grip dan lampu kabin depan.

Tipe D ini dilengkapi dengan headunit 1 DIN (USB, AUX, radio) yang di padukan dengan dua buah speaker di bagian depan. AC single blower dan jok baris pertama dan kedua bisa di reclining dan di maju mudurkan. Fitur one touch tumble pada baris kedua. Fitur auto down power window pada bagian pengemudi serta auto light off.

Tipe terendah ini juga dilengkapi dengan electronic power steering (EPS), Side impact beam, seat belt untuk ketujuh penumpang, Fitur child proof door lock dan juga head rest pada jok baris kedua.

Daihatsu Sigra tipe M
Tipe M memiliki semua fitur pada tipe D, ditambah dengan:

Spion memiliki warna yang sam dengan body, Velg kaleng 14 inch dilengkapi dengan dop. Serta wiper untuk kaca belakang, Selain itu terdapat sonar pada bagian belakang.

Bagian interiornya terdapat lampu kabin belakang serta lampu speedometer berwarna putih terang dengan indikator ECO serta jam digital di speedometer. Terdapt Arm Rest di tengah baris jok baris pertama. Selain itu ada head unit Eksterior 1DIN  yang bisa memutar CD, MP3, AUX, USB dan radio serta ditambah dengan dua speaker pada bagian belakang.

Colokan power di kabin baris kedua, dan dilengkapi dengan door courtesy switch, pengingat pintu terbuka pada semua pintu, central door lock, wiper belakang otomatis dan immobilizer key, alarm plus keyless entry. Ada juga fitur rear air circulator  untuk menyalurkan udara dingin dari kabin depan ke bagian kabin belakang

Daihatsu Sigra tipe X
Tipe X memiliki semua fitur pada tipe M, ditambah dengan:

Bagian eksteriornya dilengkapi dengan side visor serta rear combi lamp with smoked lamp. Fitur hiburannya menggunakan headunit 2DIN yang bisa memutar CD, MP3, AUX, USB, Bluetooth dan radio.

Tambahan lain adalah fitur Dual SRS Airbag dan seat belt bagian depan dengan pretensioner dan force limiter. Pada tipe dengan transmisi otomatis ditawarkan sistem pengereman antilock braking system (ABS) dan shift lock.

Daihatsu Sigra tipe R
Tipe R memiliki semua fitur pada tipe X, ditambah dengan:

Bagian Grillnya dilengkapi krom, spion sudah dilengkapi dengan lampu sein dan pengaturan spion dari dalam, terdapat fog lamp dibalut dengan krom, velg alloy 14 inci, serta stabilizer pada bagian belakang.

Bagian cluster interior tengan diberi ornamen krom sepertibagian tombol AC dan power window, tuas pembuka pintu kabin, tuas rem parkir, tuas transmisi dan kemudi. Selain itu ada juga varity mirror di bagian jok depan

Daihatsu Sigra tipe R Deluxe
Tipe R Deluxe memiliki semua fitur pada tipe R, ditambah dengan:

Bagian eksterior dilengkapu dengan krom pada list kaca dan body sampingnya. Selain tiu terdapat garnish pintu belakang juga dibalut krom. Tampilan lebih sporty dengan adanya knalpot model muffler cutter. Untuk fitur keamanannya ditambah dengan front sensor corner


Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra akan langsung disiapkan untuk berhadapan dengan Datsun GO+ Panca dan Datsun Redi Go. Untuk harga, bisa jadi harga bisa bersaing dengan Datsun Go yang memiliki banderol paling murah 94 juta Rupiah. Daihatsu Sigra kemungkinan akan dibanderol dengan harga Rp106,6 juta hingga Rp148 juta.

+ Toyota Calya akan dibanderol mulai Rp 125 juta sampai Rp 149 jutaan. Berikut rincian lengkap harga Toyota Calya on the Road Jakarta pada Oktober 2018:

- Toyota Calya E STD M/TC: Rp. 134.350.000
- Toyota Calya 1.2 E M/T: Rp. 137.150.000
- Toyota Calya 1.2 G M/T: Rp. 142.700.000
- Toyota Calya 1.2 G A/T: Rp. 154.700.000

Saat ini mobil murah tujuh penumpang ini sudah bisa di booking di dealer resmi Toyota dengan menyiakan dana sebesar 5 juta saja.

Beberapa dealer Toyota juga sudah mulai membuat estimasi cicilan terendah dengan uang muka 27 juta dan cicilan sekitar Rp 2,8 juta per bulan selama lima tahun khusus untuk Calya tipe E Manual yang dibanderol 129,2  juta. Dengan hitungan diatas biaya keseluruhannya hingga lunas bisa mencapai Rp 192,2 juta.

Menurut info yang beredar Toyota Calya akan diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung pada tanggal 11 Agustus 2016 di ICE, BSD City, Tangerang.

Dibawah ini adalah harga resmi Daihatsu Sigra On the Road (OTR) Jakarta pada bulan Januari 2017. Sigra hadir dengan 10 varian dari tipe terendah hingga tertinggi.

SIGRA Type 1.0 D MT Rp 108.900.000
SIGRA Type 1.0 M MT Rp 117.800.000
SIGRA Type 1.2 X MT Rp 127.150.000
SIGRA Type 1.2 X MT DLX Rp 132.650.000
SIGRA Type 1.2 X AT Rp 139.950.000
SIGRA Type 1.2 X AT DLX Rp 145.450.000
SIGRA Type 1.2 R MT Rp 133.050.000
SIGRA Type 1.2 R MT DLX Rp 136.850.000
SIGRA Type 1.2 R AT Rp 145.850.000
SIGRA Type 1.2 R AT DLX Rp 149.650.000

Untuk warnanya, Daihatsu memberikan 6 pilihan warna untuk konsumen. yaitu White, Black Solid, Silver Metallic, Dark Grey, Red Solid, Blue MSilver Metallic

Foto Daihatsu Sigra

Update foto Daihatsu Sigra terbaru yang disadur dari otomotif,net.com dan media otomotif lainnya

daihatsu sigra



Sepertinya ini foto diambil dari sebuah brosur. :). Tampangnya mirip dengan xenia, dengan grill besar . Sedangkan fog lamp terlihat tajam dan terkesan sporty.


Penampakan jok baris depan hingga ke belakang, Ukuran lebar kabinnya juga lebih memadai dari LCGC lainnya yaitu kabin di kursi depan 720 mm, kursi baris kedua 690 mm serta kursi baris ketiga dengan luas 640 mm.


Keren juga ya tampilannya, perpaduan Xenia dan Innova? terutama pada bagian samping dan pilar kaca belakang.


Daihatsu Sigra

Dashboardnya dengan warna two tone, hitam dan krem serta tuas transmisi menyatu dengan dashboard. foto: otodriver.com



Tampak belakang masih dengan ciri lampu bergaya ala reflektor. tapi agak sedikit maksa kesannya. hehe. Emblem Sigra pada bagian bawah dan terlihat juga logo VVT-i.

Ini dia tambahan video ulasan first impression tentang daihatsu sigra yang diambil dari otodriver.com:


Komparasi Dimensi Calya / Sigra dengan GO+ Panca

Datsun GO+ Panca merupakan pesaing yang sesuai dengan segmen LCGC murah ini karena memiliki kombinasi tujuh penumpang, meskipun bangku belakang baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak saja. Sedangkan untuk Calya dan Sigra memiliki luas yang lebih baik dari Go+ Panca.

Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Alya

Dari table diatas bisa terlihat bahwa Toyota Calya/Daihatsu Sigra memiliki dimensi yang lebih baik, baik untuk legroom dan headroom sehingga tentunya hal ini menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih diantara kedua mobil murah berkapasitas 7 penumpang ini.

Toyota Calya Agya Indonesia

Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Meskipun memiliki basis yang sama tentunya ada beberapa perbedaan pada kedua mobil LCGC tujuh penumpang ini, Autoreviewmobil akan mencoba mejbarkan secara detail perbedaan keduanya terutama pada bagian eksteriornya.


Eksterior

+ Meskipun memiliki grill yang sama di bagian atas depan memanjang hingga ke bagian lampu utama, perbedaan mencolok terlihat pada bagian fog lamp. Calya dengan model fog lamp tegak keatas, sedangkan Sigra melebar kesamping.

+ Model grill tengah juga berbeda, Calya dengan desain "ken look" Toyotanya , kecil diatas, lebar dibawahnya, yang sekilas terlihat seperti Yaris. Sedangkan Sigra dengan  model terbalik.

+ Logo pada emlem tentu jelas berbeda, Calya masih setia dengan logo Garuda yang sama digunakan pada Agya, sedangkan Sigra menggunakan logo baru dengan bentuk huruf S.

+ Velg pada Calya dan Sigra sama-sama memiliki warna two-tone dan palang delapan yang berbeda pada modelnya saja. Calya dengan model lurus, Sigra dengan model Kipas.

Fitur

+ Toyota Calya pada Jok baris kedua dilengkapi dengan headrest bagian tengah yang bisa diatur. Sigra tidak dilengkapi hanya standar saja yaitu headrest kiri dan kanan.

+ Toyota Calya juga sudah memiliki fitur ISOFIX yang bisa berfungsi untuk menyematkan child seat untuk bayi. Sementara Sigra tidak dilengkapi dengan fitur ini.


+ Daihatsu Sigra dilengkapi dengan corner sensor dua titik yang berfungsi menjaga jarak dengan objek di depannya. Sedangkan Calya tidak ada.

Konsumsi Bahan Bakar (BBM) Daihatsu Sigra

Berikut hasil test bahan bakar Daihatsu Sigra yang ane rangkum dari beberapa media otomotif sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mobil:

+ Carvaganza.com: Menggunakan Daihatsu Sigra Tipe R 1.2 liter bisa menempuh 19 km/liter dengan rute dari BSD Tangerang hingga Sentul dengan kondisi jalan toll lancar, tidak disebutkan apakah menggunakan transmisi Manual atau otomatis. Dengan penumpang 4 orang dewasa.



+ Otodriver, Om Eri Fitra rute gerbang toll BSD - Sentul dengan kondisi toll lancar, kecepatan 80 km per jam konstan dengan gigi 5  mendapatkan konsumsi BBM versi MID 23,4 km/liter.

+ Otomania, Daihatsu Sigra (tidak disebutkan MT atau AT) dengan rute jalan kombinasi toll, macet, stop and go dari BSD - Sentul City berjarak 67,7 km bisa mendapatkan konsumsi BBM 17,1 kpl.

+ Kompas Otomotif menjajak Sigra R Deluxe transmisi dengan jarak tempuh 200 km dengan kondisi jalan beragam antara toll, macet, stop and go bisa menghasilkan 14 km untuk 1 liter BBM.

+ Versi Facebooker: konsumsi Calya (sepertinya AT) dengan Total Ron 92 kondisi jalan tol, macet, stop n go, parkir sambil nyalain AC bisa mendapatkan hasil metode full to full 10.72 km per liter, sedangkan vers MID nya beda tipis yaitu 10.8 km per liter.

+ Versi Facebooker: Calya G MT kondisi toll jakarta mecet bisa dapat 1: 12, jika toll agak lancar bisa dapat 1: 16 disaat jalan toll agak lancar, Menempuh Jakarta-Bogor dengan kecepatan rata - rata 100-an kpj, kemungkinan metode MID.

+ Versi Facebooker => Test BBM Calya AT untuk dalam kota seputaran tangerang selatan dan tangerang aja (non toll) menggunakan pertamax Turbo bisa mendapatkan konsumsi BBM 15 km/l metode full to full sedangkan pada MID tercatat 14.1 km/l.

Uji coba Tujuh penumpang pada Sigra dan Calya

Banyak konsumen yang meragukan kemampuan Calya atau Sigra jika diisi dengan muatan penuh yaitu tujuh penumpang dewasa + 3  galon air, beberapa media otomotif akhirnya melakukan uji coba dan dari hasil tersebut bisa terlihat bahwa suspensi terlihat "amblas "atau overload, karena hanya menyisakan jarak beberapa 1-2 cm dari fendernya terutama pada bagian belakang.

Setelah diisi penuh, Calya pun diuji melewati tanjakan dan diajak berkeliling area perkantoran dengan kecepatan 25 km/jam. Hasilnya adalah mobil sangat berasa gunjangannya dan terdenganr bunyi "jeduk" pada saat melewati polisi tidur, sedangkan pada saat menanjak beberapa kali ban depan spin, namun masih kuat untuk menanjak.

Sepertinya kondisi dengan 7 penumpang dan 3 galon atau muatan penuh juga jarang sih terjadi pada kenyataannya, karena umumnya hanya diisi dengan 7 orang penuh dengan jarak tempuh yang dekat.

Namun pihak Toyota ataupun Daihatsu menyatakan bahwa kondisi seperti ini masih aman.

Uji Tabrak atau Crash Test Toyota Calya 2016

Dari hasil yang didapat cukup memuaskan, Toyota Calya 2016 ini diberi skor bintang empat untuk perlindungan penumpang dewasa. Dari video dibawah ini bisa terlihat bahwa bodi depan terlihat remuk dan kaca depan retak namun tidak bertebaran dan airbag pengemudi serta penumpang mengembang secara sempurna pada saat menabrak tembok uji.


Biaya Servis Perawatan Toyota Calya

Salah satu pertimbangan calon konsumen saat membeli mobil selain harga tentunya dalah adalah biaya perawatan atau servis berkala yang murah. Nah, agar lebih mantap dengan pilihan Anda berikut seputar informasi berapa biaya perawatan berkala Toyota Calya dari 1.000 km hingga 60.000 km. Oh iya, data ini hanya berlaku untuk dealer Jabodetabek saja. Untuk daerah lain mungkin akan sedikit berbeda:

Toyota Calya Transmisi Manual

1. Servis berkala 10.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

2 Servis 20.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

3. Servis 30.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

4. Servis 40.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight, Brake Fluid DOT3, Air Cleaner dengan biaya berkisar Rp 621.000.

5. Servis 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

6 Servis 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight (+JASA) dengan biaya berkisar Rp 767.250.

Jadi total untuk biaya servis berkala Calya M/T hingga 60 km sekitar Rp 2.972.000.


Toyota Calya Transmisi Otomatis

1. Servis berkala 10.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

2.Servis berkala 20.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

3. Servis berkala 30.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

4. Servis berkala 40.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight, Brake Fluid DOT3, Air Cleaner, Oli Transmisi dengan biaya berkisar Rp 842.000.

5. Servis berkala 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

Servis berkala 60.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight (+JASA) dengan biaya berkisar Rp 767.250.

Jadi total untuk biaya perawatan berkala dengan transmisi otomatis sekitar Rp 3.179.250

Note: Biaya servis berkala terlihat murah karena Toyota memberikan gratis jasa servis berkala hingga 50 ribu km atau 3 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.

So, jangan lupa untuk terus pantangain blog ini ya gan, karena akan ada update terbaru seputar Calya dan Sigra. Eits... baca juga disini nih seputar keluhan pengguna Calya dan Sigra serta solusinya.

77 Responses to "Kupas Harga dan Spesifikasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 2019"

  1. untuk kredit calya kira2 berapa ya...kalau udh dp 5jt apa itu pasti udh milik kita atau masih nunggu administrasi kalau ga di approve gimana dp 5jtnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh hub saya bu wo 082291169328...auto2000

      Delete
  2. untuk kredit calya kira2 berapa ya...kalau udh dp 5jt apa itu pasti udh milik kita atau masih nunggu administrasi kalau ga di approve gimana dp 5jtnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga resminya blom ada mba, kalo untuk itu tanyakan saja langsung ke leasing atau dealer tempat beli mobilnya mba :)

      Delete
    2. Boleh mba, coba hubungi k nomor ini untuk pemesanan 082111514571 ( Daniel )

      Delete
  3. Welleeeeh, Saya baru aja beli Ayla, andai saja tau, sy tunda dulu beli mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gpapa mas bro ntar kalo dah bosan bisa ganti nih mobil :)

      Delete
    2. beli aja lagi pak, untuk kendaraan operasional kantor pos :)

      Delete
  4. Welleeeeh, Saya baru aja beli Ayla, andai saja tau, sy tunda dulu beli mobil

    ReplyDelete
  5. Harga Calya berkisar 125 SD 140. Rencananya brp Tahun Bu, saya coba hitung estimasinya

    ReplyDelete
  6. saya tertarik daihatsu sigra R M/T, mau kredit 5-6 tahun, cicilannya berapa jika DP 20 jt, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja meluncur ke dealer resminya om :)

      Delete
  7. Info unit Toyota dan simulasi kredit silahkan hubungi saya di 7EDC001E atau WA 085711266082 (Dwipo Anggoro) sales toyota. Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Butuh info untuk toyota nya boleh hubungi 082111514571 ( Daniel )

    ReplyDelete
  9. Info pemesanan hub de'rek
    AUTO2000 Toyota. Call dan WA
    085882078112
    Tangerang sekitaran

    ReplyDelete
  10. Untuk Bali bisa hubungi:

    WA: 085738728337
    BB. 5A84F319

    Auto 2000 Denpasar

    ReplyDelete
  11. Info Toyota Hub.
    Vian (081214681091), WA (088802055932)
    Info spek Unit All Toyota, boleh lewat WA atau Call

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus wilayah Babel, Toyota All New Calya Estimasi harganya Dr 130jt sd 155jt. Calya di keluarkan 5 varian Tipe,, E std M/T, E M/T, E A/T, G M/T, G A/T.. untuk info lebih lanjut khusus wilayah Babel, silahkan Hubungi: Sandri Toyota Istana Agung. Di nmor Hp: 0823 7546 8886/0877 9755 0017 atau Pin BB: 27035fcc

      Delete
  12. MAU INFO LEBIH LANJUT DAIHATSU SIGRA HUB : 082298279675 / PIN BB 5A52BAFB

    ReplyDelete
  13. Open indent daihatsu sigra bisa hub saya 082292777444. Salaes daihatsu jakarta timur. By Anto.

    ReplyDelete
  14. kalo beli cash free insurace gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi dealer atau sales nya aja langsung bro :)

      Delete
  15. Serius itu dp 5jt mau doonk cayla nya.. Untuk salesnya tolong Hub saya di no 081380709995 klo memang dp bs 5jt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silhakan para sales boleh beriklan disini asal sopan ya :) atau kalau mau pasang banner silahkan contact saya aja #promosi

      Delete
  16. harga segitu sbenernya ud banyak pilihan.. avanza bekas ato freed bekas mungkin lebih berkelas dan enak diliat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin selera kali bro, tapi bisa jadi opsi bagi yang masih ragu

      Delete
    2. Sepertinya memang lebih mantap kelas diatasnya walau seken. Toh dipakai setahun juga udah sama. Sama sekennya

      Delete
  17. kalau booking indent, apabila gak jd uang kembali apa enggak? untuk pernya pake agya/alya atau jenis baru? karenakan penumpangnya jd 7 bukan 5 lagi? thanks

    ReplyDelete
  18. Hati2 pastikan dulu 3 cylinder atw 4 cylinder, 3 cylinder lemah dalam tanjakan / jln menanjak apalagi pas nanjak macet mobil tersiksa pake gas besar, bro, kalo jln datar / tol ini mobil luar biasa lari nya dan stabil walau di pacu 140 km untuk ayla/agya 3 cylinder.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk calya atau sigra hadir dalam dua pilihan mesin yang bisa di sesuaikan dengan keinginan konsumen, jadi tinggal pilih aja mas bro sesuai budget :)

      Delete
  19. kalo beli cash..ada cash backnya ga? harus pake pertamax ya bhnbkr nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahan bakar disarankan dengan oktan 92 (Pertamax)

      Delete
  20. Agan semua jiklo dah beli mobilnya tutup mobilnya alias selimut mobilnya berkunjung kesini yaa trims mas bro
    www.selimutnyamobil.com

    ReplyDelete
  21. selamat siang..
    untuk sales resmi Astra Toyota kota Medan
    saya ingin membeli mobil Calya Manual (tipe tertinggi)
    saya memiliki DP 60jt, saya ingin meminta informasi untuk biaya simulasi kredit dalam jangka waktu 24bln,48bln,60bln ..
    mohon konfirmasinya di email saya giofandisiahaan01@gmail.com atau contact nomor saya di 081214921372 kalo bisa cepat, soalnya rencananya mau bulan ini juga dibeli. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah rame tuh diatas agan, gak tau tuh kotanya ada dari medan gak ya :)

      Delete
  22. Toyota Cayla ini lagi ramai-ramainya di perbincangkan ya mas, mobilnya sih sangat cocok untuk keluarga :D pengen beli tapi emmm,,, usaha dulu :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bro lagi anget-anget..moga tercapai dah suatu saat

      Delete
  23. Biar dpt cicilan perbulan sktr 1,5 trs jangka wakt 36 bln.hrs DP brpa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung aja hubungi dealer terdekat di kota agan..hehe

      Delete
  24. Bingung neh, mau ambil CALYA / SIGRA yaa...
    Dari desain eksterior jelas bagusan SIGRA...
    Tapi CALYA membawa nama besar TOYOTA yang lebih superior,,,
    Mohon sarannyaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bingung gan, yang penting sesuai dengan budget dulu dan peruntukannya.
      Kalo cuma buat jalan santai atau dan hanya dalam kota pilih SIGRA, tapi kalo biasanya sering keluar kota sebaiknya pilih CALYA yang sudah lengkap fitur keamanannya terutama ABS-nya..:)

      Delete
  25. Klo utk ibu-ibu driver amatir bagus gak ya fiturnya sigra/calya. Pengen punya mobil sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fitur nya sih lumayan komplit mba, apalagi calya..:)

      Delete
  26. harga dealer mobil di semarang sama di jakarta kok beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tiap daerah beda beda mba..apalagi kalo jauh dari tempat produksinya :)

      Delete
  27. Ijin admin,untuk daerah cileungsi,depok,dan sekitarnya,bisa hubungi saya 087781821478(anas.m)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas bro..jangan lupa fee nya ya kalo laris..hehe

      Delete
  28. nice info and review.. love it..
    thank you...

    ReplyDelete
  29. great sharing... this review is usefull..
    thanks..

    ReplyDelete
  30. alhamdulillah sigra udah terkandang di garasi...sangat valuable dan elegan...tak nampak seperti mobil murah...

    ReplyDelete
  31. Cocok banget bwt kluarga muda yg lg butuh gerobak...
    meski bkl mkin mempermacet jalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om kapasitas nya bisa muat 7 penumpang dewasa ..

      Delete
  32. saya juga udah coba test drive sigra,,
    saya pikir cukup memuaskan dengan harga segitu..
    lagi hitung2 nih buat masukin ke garasi tuh sigra nya

    hehehe
    nice artikel om

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap dah, langsung angkut aja om ke garasi..

      Delete
  33. Sy sdh pesan calya tinggal meunggu kedatangannya di garasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. congrats om, semoga hasilnya KR nya tidak mengecewakan

      Delete
  34. Mantap calya atau singra, tp sy br awal thn bli Avanza, pa ada yg mau tukar ni dgn calya....

    ReplyDelete
  35. wah harga mobil jadi lebih terjangkau ya, makasih infonya gan

    ReplyDelete
  36. Ngumpulin duit dulu lah kayaknya cocok buat keluarga kecil gue

    ReplyDelete
  37. share donk yang sudah pakai mobil ini u/ taksi online

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kayanya yang pake nih buat online..silahkan di sharing disini kalo ada

      Delete
  38. Sekarang harga mobil daihatsu naik drastis. Harga daihatsu di cikarang beda sama daihatsu di jakarta. Padahal sebelum ini sama saja. Duh semakin berat saja ya

    ReplyDelete