Facebook

Inilah Keluhan Pengguna Xpander Serta Cara Mengatasinya

Patutu diacungi jempol untuk Mitsubishi yang sudah menbuat produknya laku banyak di Indonesia, apalagi kalo bukan Mitsubishi Xpander. Meskipun begitu, mobil yang baru saja menghadirkan varian baru yaitu Xpander Crossover ini tak luput dari kekurangannya. Apalagi keluhan ini sudah dialami sejak awal peluncurannya. Apalagi sekarang juga sudah hadir varian tertingginya yaitu Mitsubishi Xpander Cross.

Hal ini tentu menjadi salah satu faktor penting dalam memilih sebuah MPV idaman sobat. Mau tahu apa saja keluhan dari pengguna Xpander dan solusi permasalahannya? Yuk kita kupas tuntas sampai habis disini:

Keluhan Pengguna Xpander Serta Cara Mengatasinya

1. Suspensi Meler alias Bocor
Keluhan ini sering saya temukan di Fanspage XMOC, baik itu mobilnya baru setahun ataupun ada juga yang baru beberapa bulan sudah bocor. Cara mengeceknya cukup mudah, sobat tinggal ngolong saja melihat secara langsung apakah ada rembesan pada shockbreaker. Atau bisa juga mobil sudah terasa tidak enak atau limbung pada saat melewati jalan rusak atau pun polisi tidur.

Jika hal ini terjadi, solusinya cuman klaim ke Mitsubishi untuk mengganti suspensi yang bocor dan masih gratis karena termasuk part yang digaransi. Meskipun begitu tetap juga menghabiskan waktu untuk datang bolak balik ke bengkel resmi. Semoga untuk produk selanjutnya, tidak mengalami hal yang seperti ini.

2. Lampu Depan Tidak Nyala Maksimal alias Kurang Terang
Tipe headlamp Xpander adalah halogen biasa. Namun pada malam hari, sorot lampu nya kurang terang, sehingga banyak beralih ke tipe LED Projektor atau tipe HID yang nyalanya lebih baik dan lebih bagu. Dan tentunya akan menambah anggaran biaya untuk masalah ini.

3. Saat Idle up, RPM Mesin Turun Naik
Awal launching, banyak yang mengeluhkan tentang rpm mesin yang turun naik pada saat kondisi mobil diam (idle). Apalagi pas saat terkena macet atau lampu merah, rpm mesin tiba-tiba naik sendiri, bahkan ada yang menabrak mobil di depan karena putaran mesin naik sendiri.

Jika Xpander sobat mengalami hal ini, sebaiknya langsung bawa ke bengkel resmi untuk di cek dan setting ulang ECU mobil tersebut, sehingga bisa idle up nya kembali normal.

4. MID BBM ada selisih dengan metode full to full
Seperti biasa untuk konumsi BBM pada MID pada mobil masih sering terjadi, sepertinya halnya pada Ertiga dan juga beberapa merk mobil lainnya. Pada Xpander hal ini ternyata juga terjadi, untuk selisih nya lumayan banyak atau tidak akurat. Versi MID lebih irit dari pada versi full to full, jadi sebaiknya lakukanlah metode full to full untuk mengetahui konsumsi BBM yang sesungguhnya.

5. Jok Gampang Kotor
Sama dengan Ertiga, Xpander menggunakan warna jok krem atau beige ssehingga jok tersebut mudah jadi kotor, karena bisa terkena tumpahan air dan lain sebagainya, apalagi jika sobat merupakan tipe yang malas bersih-bersih mobil. Sebaiknya lapisi jok tersebut dengan pembalut jok kulit secara permanen, sehingga mudah dibersihkan dan tidak gampang kotor. Atau bisa juga memilih tipe sport yang warna joknya berwarna hitam.

6. Roda Depan Terasa Goyang dan Gluduk-gluduk
Keluha lain, user merasa roda depan jadi seperti kempes sebelah atau tidak seimbang, padahal tekanan ban sudah oke kanan-kiri. Kejadian ini bisa jadi ada hubunganya dengan shockbreaker yang bocor. Namun bisa juga masalah komponen kaki-kaki seperti bushing arm, lower arm, ball joint dan lain sebagainya. 

7. Kaca Naik Turun menimbulkan getaran
Kaca di pintu depan kiri dan kanan saat naik turun bergetar cukup kuat. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan silicon spray pada bagian karet.

8. Masalah Fuel Pump
Fuel pump atau pompa sering bensin bermasalah. Namun dari hasil investigasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ditemukan bahwa impeller (baling-baling) di dalam pompa bensin bisa memuai dan berubah bentuk sehingga menyebabkan benda tersebut bergesekan dengan bagian di sekitarnya, dan menyebabkan berhenti berputar. Kondisi ini secara langsung menyebabkan mesin mati mendadak atau tak bisa dihidupkan.

9. Setir dan Pedal Terasa Getar di Kecepatan 80 Kpj
Hal ini sering disampaikan pengguna, saat dibawa ke Beres, disc brake dibersihkan dan solusi terakhir adalah dengan bubut dan jika masih baru tidak dikenakan biaya dari bengkel resmi. Atau ganti disc brake dan ganti kampas rem.

Inilah beberapa keluhan  pengguna Xpander yang dikumpulkan dari berbagai sumber, terutama dari media soial yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum sobat membeli Xpander dan juga sebagai perbandingan dengan mobil lainnya.

Selain keluhan, tentunya juga ada beberapa modifikasi buat Xpander ini:

Aktivasi Fitur tersembunyi Xpander

Cara ini dengan melakukan unlock pada sistem Electric Control Unit (ECU) standar bawaan mobil. Sistem ini bisa terus aktif alias permanen. Namun bisa juga dinon-aktifkan kembali terutama saat dilakukan reset ECU oleh bengkel resmi. UNtuk biayanya sekitar 200 ribu. Fitur tersembunyi yang bisa di unlock adalah door autolock by speed, door unlock pada posisi transmisi P, reverse sound alarm, setting coming home headlight Rear Fog lamp, Autofold Mirror, Setting Average Fuel Cons.

Jika ada yang terbaru akan segera diupdate, atau jika sobat punya mengalami masalah dengan Xpandernya bisa juga tinggalkan pesan di kolom komentar. Semoga bermanfaat

3 Responses to "Inilah Keluhan Pengguna Xpander Serta Cara Mengatasinya"

  1. keluhan no 2 yang sangat memberatkan saya , secara saya mata minus,

    hehe, mantap ulasannya

    ReplyDelete
  2. Condensor AC xpander cross sy tiba-tiba meledak, stlh diganti dan dilakukan uji coba AC malah extrafan ikut mati. Mobil baru serah terima 2 minggu dr dealer, sy sudah komplain ke mitsubishi lewat call center dan email tapi respon yg tidak memuaskan. Saat ini mobil sy sudah 3 minggu dibengkel karena msh menunggu sparepart yg harus dikirim dr jakarta. Kecewa sy sdh membeli xpander

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bahaya juga ya om krisna, semoga cepat teratasi masalah condensornya dan jangan lupa juga kabari juga cara penanganan masalah ini. Terima kasih sharingnya semoga bermanfaat buat pembaca

      Delete