Facebook

Inilah Spesifikasi All New Rush dan Terios 2018

Akhirnya duo SUV Toyota dan Daihatsu ini mendapatkan juga penyegaran baru a.k.a facelift setelah lebih dari satu dekade. Mobil kembar ini tentunya akan berhadapan langsung dengan Honda HR-V dan juga Honda BR-V dan Xpander serta pendatang baru dari negeri China yaitu Sokon Glory 580.

Tampilan kedua SUV sangat terlihat berbeda dari versi sebelumnya baik dari semua sisi, baik itu dimensi, desan dan juga mesin. Generasi kedua All New Rush Terios memiliki dimensi yang lebih panjang dari versi sebelumnya yaitu panjang 4.435 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Jarak sumbu rodanya 2.685 milimeter. Jok baris ketiga juga semakin luas karena dimensi juga bertambah sebanyak 17 cm .

Bagian mesin Daihatsu Terios dan Toyota Rush menggunakan mesin baru 1.500cc dengan kode 2NR-VE dengan teknologi dual VVT-i seperti yang digunakan pada Avanza Veloz yang dapat memberikan tenaga 104 HP dan torsi maksimum 136 Nm yang disalurkan ke penggerak roda belakang lewat transmisi manual lima percepatan dan empat percepatan otomatis. Mesin ini di develop dan memiliki beberapa komponen baru yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Air Intake pada mesin ini dibikin menghadap ke samping kiri, sehingga cukup tangguh untuk melewati genangan air.

All New Daihatsu Terios 2018
Bagian desain grill depan dibalut krome untuk Terios tipe R, sedangkan tipe X warna grill sebodi warna. Fog lamp dengan menggunakan model halogen. Velg menggunakan model two tone berukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga makin tinggi.

daihatsu all new terios 2018

Bagian kaki-kakinya juga terlihat semakin enak dilihat dengan velg menggunakan model two tone berukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga semakin bertambah tinggi apalagi dengan ground clearance 220 mm, jadi yang terbaik dikelasnya.

Bagian belakang, terlihat lekukan tegas dengan desain modern dengan aksen hitam yang membuatnya terlihat semakin gagah. Terdapat sensor parkir di bagian belakang dan depan dan dibawah spion. Tipe R sudah dilengkapi dengan kamera 360 yang berguna saat parkir yang sempit sekalipun dan melihat situasi sekeliling mobil. Ban serep tidak lagi berada di belakang body atau "Konde", namun diletakkan dibawah dilengkapi dengan tray dilengkapi dengan roda untuk memudahkan dalam proses bongkar pasangnya serta terbebas dari kotoran debu.

Spoiler belakang juga membuat tampilannya makin sporty dengan aksen hitam pada bagian sampingnya. Namun belum di lengkapi dengan defogger pada bagian kacanya. Bagian lampu rem belakang terlihat bagus saat dinyalakan, karena modelnya yang pipih.

Bagian bagasi juga bertambah luas meskipun semua jok tegak, masih cukup untuk menampung dua koper kecil. Apalagi jika bangku baris ketiga dilipat bagasi semakin luas.

Masuk ke dalam interior, terlihat perubahan total juga dari versi lawasnya. Interior terlihat minimalis dengan bagian panel-panel di dashboard berwarna hitam dengan list warna putih. Serta ada motif jahitan-jahitan palsu namun terlihat bagus. Bahan jok menggunakan bahan fabric. Bagian jok belakang baris ketiga masih cukup memadai untuk orang dewasa tentunya untuk jarak pendek, tapi lebih nyaman bagi anak-anak.

AC sudah dilengkapi dengan Auto Digital/Climate Control serta fitur hiburan yang sudah menggunakan Headunit yang bisa memutar USB, Bluetooth dan lain-lain.  Lampu utama pada tipe R juga dilengkapi dengan Automatic headlamp yang berfungsi secara otomatis menyala jika cuaca sudah mulai gelap. Selain itu terdapat juga Front Sensor dan fitur Vehicle Stability Control.

Untuk harganya All new Terios ini akan dibanderol dengan harga Rp195-247 jutaan. Berikut harga All New Daihatsu Terios yang hadir dalam 7 tipe:

Tipe X MT Rp195,2 juta
Tipe X MT Deluxe Rp205,2 juta
Tipe X AT Deluxe  Rp215,2 juta
Tipe R MT Rp227,9 juta
Tipe R MT Deluxe Rp237,9 juta
Tipe R AT Rp237,9 juta
Tipe R AT Deluxe Rp247,9 juta
Custom MT  Rp. 240,3 juta
Custom AT Rp 250,3 Juta

Daihatsu Hadirkan Terios Custom
Daihatsu Terios Custom hadir di GIIAS 2018 dengan membawa sejumlah kelebihan seperti bagian eksterior yang dibalut dengan bemper baru dan stone guard di sisi bodi, serta bagian grill, cover fog lamp diberi tambahan aksen berwarna hitam. Selain itu terlihat sticker berwarna merah silver di bagian sampingnya.


Melihat ke interior terlihat tambahan Jok fabric bernuansa hitam serta scuff plate hitam. Bagian dashboard tertanam headu unit tocuh screen yang tersambung dengan audio steering switch serta kamera parkir dan around view monitor, selain itu ada AC digital.

Toyota Rush 2018
All New Rush hadir dalam 2 tipe saja yaitu G dan TRD Sportivo dan juga ada 6 pilihan warna yang bisa dipilih konsumen yaitu white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic dan bordeaux mica.

Semua tipe Rush dibekali dengan lampu LED depan belakang, keyless entry dan keyless start plus serta kamera mundur. Selain itu terdapt 13 cup holder yang bisa digunakan menyimpan botol minuman. Toyota Rush juga sudah dilengkapi 6 SRS airbag, 7 seat belt indicator dan 7 head rest, Fitur ABS, Solid Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Secured Hill-Start Assist (HSA) untuk semua tipe.

Toyota mengklaim bahwa Rush terbaru bisa membukukan 11,3 km per liter dalam kondisi macet, sedangkan luar kota atau toll bisa mencapai 23 km per liter, jadi rata-rata konsumsi BBM-nya tercata 19,4 km per liter karena menggunakan mesin yang Avanza Veloz yang sudah dikembangkan lagi. Selain itu juga ada juga penambahan stabilizer pada suspensi sehingga bisa mengurangi body roll yang berlebihan. Berikut beberapa perbedaan tipe Toyota Rush G dan TRD Sportivo:

Tipe G
  • Ban menggunakan ukuran 215/65 dengan ukuran 16 inci Velg model two tone. 
  • Fitur keyless entry dengan Push Start Button
  • 6 airbags pada bagian depan untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, dan curtain shield airbag (CSA).
  • Fitur Tilt Steering namun belum ada Telescopic.
  • Pengaturan AC masih manual
  • Rear Defogger.
  • Console Box Armrest dengan bahan plastik
  • Jok fabric dengan model semi bucket 
  • Fitur hiburan deilengkapi dengan head unit 7 Inch, namun belum dilengkapi dengan konektivitas internet, support multitasking dan Smart Phone Repote App, serta hanya memiliki enam speaker.

Berikut fitur-fitur baru yang hadir pada All New Rush TRD Sportivo:
  • Velg model two tone dengan ukuran ban 215/60 17 inch.
  • Dilengkapi proyektor HID, daytime running light (DRL), lampu kabut, dan lampu belakang sudah LED.
  • List body kit di sekeliling bodi yang membuat tampilannya makin sporty.
  • Charger juga terdapat pada baris bangku ketiga.
  • Spion dilengkapi dengan sein LED dan sudah retractable, antena model sirip hiu.
  • Toyota Rush TRD menggunakan bahan kulit pada setir, shift knob, dan bahan soft touch di instrumen panel, center cluster, door arm rest, juga console box-nya. 
  • Fitur keyless entry dengan Push Start Button. Pada tipe TRD, dilengkapi dengan fitur Smart Entry.
  • Pada fitur hiburan tersedia DVD AVX 7 inci dengan konektivitas Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App dengan 8 buah speaker.
  • Pengaturan AC sudah digital dan ada fungsi otomatisnya.
  • Pada bemper depan dan belakang terdapat garis merah yang memang ciri khas dari TRD Sportivo
Perbedaan Fitur Terios dan Rush 2018
Dari data diatas bisa disimpulkan beberapa perbedaan pada duo SUV kembar ini yaitu:
  1. Fitur keselamatan. Rush hadir dengan enam air bags sedang Terios cuma tersedia dua airbag.
  2. Rush dilengkapi dengan Fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) pada semua tipe, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  3. Semua tipe Rush dilengkapi dengan kamera parkir mundur juga begitu.Terios hanya pada tipe R saja.
  4. Terios tipe R memiliki kamera 360 derajat dan kamera depan sehingga bisa melihat ke seluruh arah dan memudahkan pada saat parkir. Sedangkan pada Rush tidak tersedia.
  5. Rush semua tipe dilengkapi tujuh indikator safety belt, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  6. Rush semua tipe dilengkapi emergency stop/brake signal yang berguna saat pengereman mendadak, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  7. Daihatsu Terios tipe R sudah dibekali dengan lampu depan otomatis yang menyala saat hari mulai gelap. Sedangkan pada Rush tidak ada.
  8. Fitur hiburan Rush dan Terios sama-sama menggunakan layar sentuh 7 inci. Perbedaannya Rush TRD Sportivo sudah bisa menggunakan internet, weblink serta navigasi Waze dengan 8 surround sound speakers. Sedangkan Terios tipe R tidak bisa internet dan hanya memiliki 6 mid-range speaker plus 2 tweeter.
  9. Rush tampil dengan grill depan berwarna black chrome sehingga terlihat sporty, sedangkan Terios dengan grill berwarna krom sehingga terkesan elegan.
  10. Rush hadir dibekali dengan defogger pada bagian kaca belakang sehingga makin nyaman untuk pengemudi dari sisi visibilitas, sementara Terios tidak mempunyai fitur ini.
Rush dan Terios ini ternyata memang diluncurkan untuk menjegal Honda BR-V yang saat ini semakin turun minat pembelinya dan juga Mitsubishi Xpander yang semakin laris manis. Untuk Xpander bahkan pembeli harus inden lama bahkan bisa sampai 6 bulan.

Perbandingan Rush dan Honda BRV

Jika dilihat dari segi dimensi BR-V memiliki panjang 4.453 milimeter, sedangkan Rush hanya 4.435 mm. BRV dengan  lebar 1.735 mm berbanding dengan Rush 1.695 mm, untuk tingginya, BR-V 1.666 mm dan Rush 1.705 mm. Sementara itu jarak sumbu roda BR-V dan Rush sama-sama yaitu 2.662 mm. Untuk gorund clearance Rush lebih unggul yaitu 220 mm berbanding BR-V yaitu  210 mm.

Jika membandingkan dapur pacunya, Keduanya dibekali dengan mesin 1500 cc, namun beda tenaga yang dihasilkan. Honda BR-V lebih unggul yaitu dengan 108 Hp dan torsi 145 NM, sedangkan Rush baru hanya 102 HP dengan torsi 136 Nm.

Dari sisi fitur keselamatannya, keduanya cukup bagus dengan adanya ABS, EBD dan ESC, bedanya Rush sudah dilengkapi dengan 6 buah airbags sementara Rush hanya dua airbags di depan.

Terus bagaimana jika Rush Terios ini dibandingkan dengan Xpander? Beberapa pecinta otomotif bahkan juga membuat beberapa perbandingan, karena Xpander juga memiliki DNA SUV sehingga cukup pantas untuk disandingkan bersaing dengan Rush dan Terios yang juga menampung tujuh penumpang.

Rush dan Terios hadir dengan penggerak roda belakang, sedankan Xpander dengan penggerak roda depan. Perbandingan dimensinya juga lebih panjang Xpander dengan 4.475 mm berbanding Rush 4.435 milimeter, Xpander juga lebih lebar dengan lebar 1.750 berbanding Rush 1.685 mm, namun Rush lebih tinggi dengan 1.705 mm berbanding Xpander 1.700 mm.

Mitsubishi Xpander dijual dengan harga di kisaran Rp. 180 hingga 240 jutaan. Dengan 6 tipe yaitu Ultimatr AT, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT, GLS MT, dan GLX MT. Sedangkan Rush  akan dijual dengan harga Rp 239,9 juta hingga termahal Rp 261,3 juta on the road Jakarta dengan dua tipe saja yaitu G dan TRD Sportivo. Berikut harga Toyota Rush terbaru 2018:

Rush 1.5 G MT: Rp. 242.150.000
Rush 1.5 G AT: Rp. 252.150.000
Rush 1.5 TRD MT: Rp. 253.550.000
Rush 1.5 TRD AT: Rp. 263.550.000

Review Test Drive dan Konsumsi BBM New Rush Terios

Kompas Otomotif: menggunakan Rush transmisi otomatis (AT) dengan jarak tempuh 65 km dari Purwakarta menuju bandung lewat Subang bisa mendapatkan 11,4 km per liter dengan catatan ada macet di beberapa titik dan jalan menanjak menuju arah Lembang. Untuk performanya agak kurang  bertenaga sehingga mesin sedikit terpaksa atau meraung saat melintasi tanjakan dan melewati truk.

Liputan 6: Menggunakan Terios Manual melewati jalur perbukitan daerah Sumatera Barat menyatakan bahwa akselerasi tenaga pada putaran bawah cukup agresif serta perpindahan gigi dan pengendaliannya juga halus. Posisi berkendara tidak terlalu tinggi lebih mirip MPV dan suspensi sudah mendapatkan peningkatan dari model sebelumnya, tidak terlalu empuk tapi cukup nyaman serta body roll juga lebih bagus dari versi lawas. Kekedapan juga sudah mulai membaik, namun suara raungan mesin masih masuk ke dalam kabin. Bagian jok tipis dan kurang mendekap body tubuh dengan baik.

Pikiran rakyat: Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual, settingan pedal yang terasa tinggi sehingga perlu penyesuain beberapa saaat. Untuk handling, overtaking dan manuver tanpa kendala, sedangkan untuk kenyamanan serta handling juga bagus.

Sindo: Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual dari Purwakarta ke Subang dengan jarak tempuh sekitar 70 km, bisa melaju di toll sampe 165 KM per jam namun untuk kecepatan ini mobil sudah tidak terasa nyaman lagi. Sedangkan jika dipacu pada kecepatan 150 km per jam masih cukup nyaman. Untuk tenaga baru terasa pada saat rpm 3000 ke atas. Untuk konsumsi BBM tercatat 14 km per liter, sedangkan pada saat jalan santai bisa menyentuh angka 1:19. Gejala limbung masih sedikit terasa meskipun suspensi sudah lebih baik.

Uji coba Akselerasi Rush vs Xpander

Selain BR-V, Rush juga disandingkan dengan mobil MPV terbaru Mitsubishi yang saat ini menjadi andalan dan makin meningkat penjualan di kelasnya yaitu Xpander. Salah satu media online, tribun menguji seberapa kencang akselerasi dan tenaga yang dimiliki oleh Rush dan Xpander yang memiliki kapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan penggerak otomatis. Dari hasil uji coba Rush bisa menyelesaikannya 0-100 km dalam waktu 14,9 detik. Sementara itu Xpander lebih baik dengan catatan waktu 13,5 detik.

0 Response to "Inilah Spesifikasi All New Rush dan Terios 2018"

Post a Comment