Facebook

Tips Modifikasi Ringan Bikin Calya Sigra Terlihat Cool

Penjualan Calya Sigra terus meningkat pesat, karena harga yang ditawarkannya sangat worth to buy dan bisa menampung tujuh orang penumpang. Cocok deh buat karakter orang Indonesia yang sering bwa keluarga jalan-jalan, Namun tentunya agar lebih tampil beda perlu sedikit modifikasi ringan agar makin keren. Meskipun ada juga beberapa keluhan dan solusi pengguna Calya dan Sigra.

Biar gak bingung untuk tampil beda, yuk disimak acuan modifikasi ringan untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang saya comot dari berbagai sumber.

1. Ganti Antena Model Sirip Hiu

Meskipun antena bawaan Sigra dan Calya sudah tergolong bagus modelnya dair Avanza Xenia, namun tetap saja ada masih kurang menurut para pecinta otomotif yang tegabung di komunitas Calsic (Calya Sigra Community). Mudah dicopot dan rawan dimaling jadi penyebabnya, sehingga antenanya pun di ganti dengan model Hiu. Solusinya adalah menggantinya dengan model Shark Fin atau Sirip Hiu yang bisa ditebus dengan budget 200-300 ribuan.

Antena Sirip Hiu Modifikasi Calya Sigra

Pemasangannya pun mudah karena sudah dilengkapi dengan double tape. Selain itu juga ada baut yang masih sama dengan tempat aslinya. Untuk kualitas penerimaan sinyalnya cukup baik.

Baca juga: Sejarah Xenia dan tipe daihatsu Ayla

2. Ganti Velg Honda Jazz atau Yaris atau Honda Mobilio

Pilihan velg Yaris TRD atau Honda Jazz RS bisa bikin tampilan Calya Sigra makin berotot, selain tampilannya makin bagus, pengendaliannya juga terasa lebih mantap. Hal ini dilakukan oleh Ade Habibie

Modifikasi Velg Jazz Toyota Calya Sigra
Image: Ade Habibie (Calsig)
Pemasangannya juga mudah karena Plug n Play (PNP) dan PCD (Pitch Circle Diameter) juga sama. Kelebihan lainnya adalah velg OEM yang tentu daya tahannya sudah teruji daripada membeli velg aftermarket. Selain itu harganya juga terjangkau berkisar 3 jutaan tergantung kondisinya juga. Kekurangannya adalah kita harus membeli ban baru yang seukuran dengan velg nya dan juga garansi pada sektor kaki-kaki juga hangus karena sudah menggunakan part yang berbeda dari aslinya.

Selain Velg yaris atau Jazz, Pilihan Velg Mobilio RS ukuran Ring 15 juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin tampil beda. Hal ini dilakukan oleh om Dino Bravo Imbar member Calya Sigra Community yang dipajang di Facebook beliau.

Selain itu, modal Velg lain juga bikin tampilan Calya atau sigra makin modis, bisa dengan velg OZ Racing berkelir putih dengan ukuran 17 inch yang dibalut dengan ukuran ban 205/40/17.
velg mobilio di calya sigra
Image: Dino Bravo Umbar (FB)
Untuk harganya, bisa ditebus sekitar 2.8 juta dan pasangnya pun cukup mudah, tinggal plug n play saja tanpa ada ubahan sedikit pun.

3. Ganti Logo Standar Calya dengan Logo Toyota atau Lexus.

Agar terlihat lebih Toyota-isme sebaiknya logo standar Garudanya diganti dengan bawaan Toyota Asli. Logo ini bisa dibeli secara online ataupun bisa di dealer Auto2000 dengan harga berkisar Rp. 125.000.

Cara pemasangannya bisa dilakukan sendiri atau juga minta bantuan mekanik di bengkel resmi atau bengkel aksesoris. Jika ingin mengganti sendiri, siapkan saja seperti obeng minus kecil, double tape, gunting dan kain lembut.

modifikasi toyota calya
Image: Ade Habibee (Calsig)

Congkel bagian sudut logo logo Garuda terlebih dahulu dengan obeng minus yang dilapisi dengan kain. Setelah copot semuanya, bersihkan bagian tersebut dengan kain kering. Pasang logo Toyota dengan menambahkan double tape agar lebih kuat dan juga posisinya lebih rapat, karena jika tidak menggunakan double tape akan terdapat gap atau kerenggangan. Biar lebih jelas yuk disimak video dari agan kontrenk cara mengganti sendiri logo calya dibawah ini:



4. Body Kit Calya produksi Lokal

Nah kalo yang ini agak sedikit mahal mas bro, siapkan saja dana sekitar Rp 2,75 juta untuk menebus body kit yang sudah dilengkapi dengan LED pada bemper depan serta lampu refleksi pada bemper belakangnya. Namun semuanya juga belum termasuk pengecatannya, jika ingin dicat sesuai dengan warna bodi, harus di bayar dengan 800 ribu lagi.

Body Kit Calya
Image: Radius Body Kit

Desain body kit ini dijual oleh Radius Body Kit yang berada di daerah Kudus, Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa searching di google agar bisa melihat dan melakukan pemesanan body kit ini.

5. Ganti Ban Calya dengan GT Radial Champiro Eco atau Achilles Platinum

Nah masalah ban pada Calya yang terdengar gaungnya juga diperhatikan oleh calon pembeli. Namun pihak produsen ban mengklaim bahwa kerusakan terjadi karena penggunaan yang kurang tepat. Namun sebagai penggantinya, Anda bisa melirik ke merek ban lain seperti GT Radial Champiro Eco dan Achilles Platinum berukuran 175/65 R14 dengan harga berkisar 400 - 500 ribuan dan biasanya sudah temrasuk dengan ongkos pasang, balancing dan nitrogen.

6. Tambah Dumper biar gak Amblas

Calya Sigra diisi full atau 7 penumpang pastinya bakalan amblas. Untuk mengatasinya yuk ditambahin dumper mas bro. Dumper ini berguna untuk menahan per supaya tidak membentur pada ground bagian atas mobil.

dumper calya sigra

Tambahin di per bagian belakang cukup yang berukuran 3-4 cm saja dijamin gak amblas lagi. Harga dumper bervariasi tergantung merek yaitu sekitar 400-700 ribuan.

Nah itulah beberapa tips ringan bikin Calya dan Sigra kamu jadi lebih mantap dan keren. Selain itu, dibawah ini juga ada beberapa tambahan lagi yang makin meningkatkan level ke-keren-an Calya dan Sigra kamu, yuk disimak lagi:

7. Pasang Sarung jok Kulit

Jok kulit asli Calya Sigra menggunakan bahan fabric dan tentunya akan lebih sulit dibersihkan dari jok dengan bahan kulit. Nah agar makin praktis dan tentunya makin berkelas, ganti dengan jok kulit yang bisa ditebus dengan harga sekitar 2-4 jutaan tergantung bahan yang digunakan.

8. Pasang Electric Mirror

Pemasangan spion lipat otomatis tentunya akan membuat kamu makin pede untuk bermanuver terutama di jalan yang sempit seperti di kota besar Jakarta, Siapkan kocek sekitar 2 jutaan untuk menebusnya. Retractable mirror kit ini terdiri dari motor modul, kabel, dan switch

9. Modif Panel Speedometer

Bagian panel speedometer juga bisa dimodifikasi, sehingga penampilan interior makin ciamik lagi apalagi tampilan warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan. Untuk harga Papan spedoometer sigra calya modif  dan papan AC dan serta ongkos pasangnya tergolong murah yaitu berkisar 150 - 250 ribuan. Lihat saja tampilan warna-warni speedometer calya/sigra dibawah ini, keren bukan?

calya modif speedometer
Source: Scoci

10. Modifikasi AC double blower untuk Calya dan Sigra

Dengan modifikasi AC ini tentunya mempercantik tampilan interior mobil kesayangan masbro lah ya. Karena memang model aslinya terkesan kurang enak dilihat. Nah untuk modifikasi AC ini cukup sediakan 4.5 -5 juta yang biasanya banyak dijual di toko online atau bisa langsung ke bengkel untuk pemasangannnya. Oh iya, pemasangan ini tidak menganggu performa mesin dan tarikan gas.

 

 Masih akan ada update lagi ya, tetap pantengin autoreviewmobil.com.

10 Responses to "Tips Modifikasi Ringan Bikin Calya Sigra Terlihat Cool"

  1. Bisa di terima tips nya bermanfaat 😊👌

    ReplyDelete
  2. Recomended bagi mobil saya mas. . Mantab abis dah. .

    ReplyDelete
  3. wah artikelnya sangat bermanfaat trimakasih ya sudah sharing,

    oh iya bagi anda yang cari mobil toyota khususnya wilayah kaltim samarinda balikpapan tenggarong dan sekitar bisa di Theofilus Shandy Toyota kalimantan

    Pemesanan toyota wilayah kalimantan timur bisa wa saya di 0813 4798 4770


    ReplyDelete
  4. Artikelnya mantul gan. Jika pada artikel diatas telah dibahas mengenai tips dan cara modifikasi mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, simak juga 4 konsep untuk memodifikasi mobil pajero yang bisa Anda tiru untuk membuat kendaraan Anda lebih terlihat garang dan tentunya gagah serta elegan.

    ReplyDelete
  5. mantab, bisa jadi inspirasi jg nih utk sigra nih, thanks gan

    ReplyDelete