Facebook

Tips Aman Membawa Barang dengan Motor

Saat berkendara jauh atau touring, tidak jarang pada bikers membawa tambahan barang yang melebihi kapasitas motor. Ransel dan Box menjadi solusinya. Namun, peletakan barang di ransel atau boks tambahan harus diperhatikan juga agar perjalanan tidak terganggu. Stabilitas terganggu dan menyulitkan pengendalian dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Tips Aman Membawa Barang dengan Motor

Berikut beberapa metode sederhana pengepakan yang tepat, aman bagi yang menggunakan ransel ataupun boks tambahan pada motornya:

1. Buat Catatan dan Skala Prioritas
Buat daftar barang yang perlu dibawa. Kemasi barang beberapa hari sebelum perjalanan. Saat mengemasi barang dalam boks atau ransel, perhatikan keseimbangan berat. Letakkan barang yang lebih berat pada bagian bawah. Lapisi dengan plastik atau bahan anti air agar ama saat hujan turun. Jika menggunakan boks, seimbangkan berat kiri dan kanan agar motor stabil. Janga lupa untuk lakukan, “trial trip” jarak dekat untuk mengetahui kondisi kestabilan motor.

2. Kemasi Seminin Mungkin
Hindari membawa barang yang banyak. Jika motor dicanteli banyak barang bisa mengganggu keleluasaan mengendalikan motor. Apalagi jika sambil berboncengan.

3. Gunakan Jasa Pengiriman Barang.
Cara lain yang bisa digunakan saat membawa barang yang banyak, bisa memanfaatkan jasa pengiriman/ paket sehingga mengurangi bobot beban berlebihan pada motor.
Harus diingat, mengatur dan mengemas barang di motor tidaklah mudah karena ruang untuk menaruh barang sangat minim.

0 Response to "Tips Aman Membawa Barang dengan Motor"

Post a Comment