Facebook

10 Keluhan Pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Serta Cara Mengatasinya

Duo LCGC besutan Toyota dan Daihatsu langsung memimpin penjualan di tanah Air, bahkan bisa melampaui penjualan saudara tuanya yaitu Toyota Avanza. Faktor harga Calya Sigra serta fitur yang berlimpah tentunya menjadi daya tarik konsumen untuk membawanya pulang.

Toyota Calya Daihatsu Sigra

Namun dibalik semua kelebihannya itu mobil MPV LCGC ini juga memiliki beberapa masalah. Hal ini disampaikan sendiri oleh penggunanya yang berasal dari komunitas Calya Sigra Community (CALSIG) yang juga baru terbentuk.

Mau tahu apa saja keluhannya serta juga solusinya, yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Kaca depan sering berembun pada malam hari atau saat hujan, hal ini tentu akan menyebabkan visibilitas dan konsentrasi saat mengemudi menjadi terganggu. Kejadian ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu di kabin yang lebih dingin. Dan juga hembusan saluran AC yang menerpa sebagian kaca depan.


+ Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin.

2. Putaran mesin kurang stabil atau pincang, hal ini terjadi karena saat dilakukan pengecekannya diketahui bahwa koil nomor 2 tidak berfungsi atau mati.
+ Solusinya adalah langsung dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan jika hal ini terjadi, tandanya adalah mesin terlihat goyang saat dalam keadaan idle.

3. Bunya tek-tek pada bagian setir pada saat berbelok baik kiri atau kanan. Kemungkinan hal ini terjadi karena sistem kemudinya belum menggunakan hidrolis.
+ Sebaiknya pada saat berbelok jangan terlalu mentok atau patah agar terhindar dari bunyi gesekan pada bagian sepatbor dalam.

4. Jok belakang agak susah untuk dikunci dan perlu tenaga ekstra untuk melakukannya. Hal ini terjadi karena adanya tambahan karpet dasar sehingga jarak kunci dan pengaitnya jadi renggang.
+ Solusinya adalah dengan melepas stopper karet yang terletak dibagian bawah rangka jok agar mudah menguncinya.

5. Perpindahan gigi cukup keras pada transmisi manual baik saat naik atau turun. Hal ini disebabkan karena karena jarak main pedal koping terlalu dekat.
+ Solusinya adalah menstel jarak main kabel koplingnya dan disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Bagian pengaturan pedal kopling ini ada di belakang radiator bagian bawah. Caranya cukup mudah dengan memutar bagian tersebut dengan tangan ke arah kiri untuk memperpendek  atau ke kanan untuk memperpanjang

6. Selang Pembuangan Air AC mengarah ke bagian arm depan sehingga bisa menimbulkan karat jika dibiarkan terus.
+ Untuk mengatasinya bisa dilakukan penambahan selang agar tidak langsung menetes kearah arm. Walaupun sebenarnya hal ini  tidak masalah karena bagian arm depan juga sudah dilapisi dengan cat.

7. Tangki bensin rawan bocor karena terbuat dari bahan plastik, kebocoran bisa terjadi pada saat melewati polisi tidur dengan kondisi mobil diisi penuh tujuh penumpang.
+ Sebaiknya tambahkan plat pelindung pada bagian tangki terutama untuk Anda yang sering melewati jalan rusak atau yang biasa membawa muatan penuh tujuh penumpang. Calya dan Sigra sebaiknya dibatasi isinya yaitu dengan berat 500 kg agar lebih aman dan tidak terjadi permasalahan di atas.

8 Mesin overheat karena ada angin palsu di dalam radiator. Hal ini terjadi karena adanya kesalahan prosedur pada saat melakukan pengisian air radiator sehingga temperatur mesin menjadi naik.
 + Untuk mengatasinya, lakukan pengisian ulang air radiator tanpa harus menguras yang sudah ada. Sebelum mengisi sebaiknya pastikan dulu kipas radiator berfungsi dengan baik. Lakukan pengisian bersamaan dengan dibukanya tutup bleeding udara (model kupu-kupu) dan pastikan air radiator keluar.

9. Ban Toyota Calya atau Sigra mudah meledak, hal ini disampaikan oleh komunitas Calsig (Calya Sigra Community). Ban yang digunakan pada duo kembar ini adalah Bridgestone Ecopia dan sudah terjadi pada lima unit Sigra dan Calya. Menurut salah satu membernya, ban meledak terjadi pada saat berjalan pelan dan menabrak trotoar, pada saat mebabrak pelan tersebutlah ban nya langsung sobek tuh.
+ PT Bridgestone Tire Indonesia akan mencoba mengecek ban tersebut, jika memang hal ini banyak terjadi pada konsumen.

10. Calya Sigra amblas jika diisi 7 penumpang. Masalah ini memang sangat menggangu bagi pengguna Calya Sigra jika diisi dengan full muatan. Biasanya saat melalui polisi tidur, shock belakang akan bunyi "jedug".
+ Untuk mengatasinya, pengguna calya bisa menambahkan alat dumper yang berguna untuk menahan per supaya tidak membentur pada ground bagian atas mobil. Pasang di per bagian belakang dengan ukuran dumper sekitar 3-4cm.

11. Kaca Belakang Rentan Pecah. Hal ini dialami oleh beberapa member Calsig (Calya Sigra Community). Kaca belakang pecah atau retak tanpa sebab yang jelas dan terjadi saat mobil di parkir. Sedangkan anggota yang lain juga mengalami kaca retak tak lama setelah menghantam jalan berlubang.
+ Saat ini hal ini sedang di investigasi oleh pihak Daihatsu dan Toyota. Jika ada yang mengalami hal seperti ini, pihak Toyota menyarankan konsumen untuk datang ke bengkel resmi Toyota untuk pengecekan lebih lanjut. Dan jika ternyata ada cacat produksi atau faktor internal material, Toyota akan bertanggung jawab melalui garansi yang masih ada yaitu 3  tahun atau 100.000 km.

Kaca Belakang Calya Sigra Pecah
Facebook Calsig

Itulah beberapa keluhan dan solusi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, semoga bisa bermanfaat buat kamu yang akan, atau sudah memilikinya. Selain itu ada artikel modifikasi Calya Sigra yang bisa jadi refernsi buat Anda. Semoga bermanfaat. Kalo ada keluhan lagi bisa sharing disini ya mas bro.

37 Responses to "10 Keluhan Pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Serta Cara Mengatasinya"

  1. Wah, sepertinya ini produk terjelek dari toyota

    ReplyDelete
  2. Iya setuju jelek abis, masih mendingan avanza lama bekas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera juga sih om dan tentunya budjet :)

      Delete
  3. Itu keluhan mobil sigra kan sigra dr dhaihatsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kembar mas bro Sigra dan Calya, jadi masalahnya hanpir mirip :)

      Delete
  4. Untuk daerah pegunungan dengan tanjakan yg berlika_liku tenaga seperti mau drop. Itu yang saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya tenaga agak kurang untuk tanjakan apalagi kalo full muatan..makasi dah sharing ya

      Delete
    2. Saya pengguna sigra matic permasalahan tenaga u/ tanjakan sdh bisa terbantu dng penggunaan siclon. Bisa hub. 0816600935

      Delete
    3. coba dijabarkan lagi apa itu siclon mas bro..biar yang lain pada tau nih

      Delete
  5. Iya memang kalau di tanjakan gigi 1 nya ngempos/ngedrop...jadi sering mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya om? semoga kedepannya hal ini bisa jadi masukan buat Toyota agar. tks for sharing

      Delete
  6. Mending beli Suzuki Karimun Wagon R. Untuk mobil low class (entry level) Suzuki jagonya. Percaya gua deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ada masukan lagi nih, semoga bisa diambil manfaatnya buat para pembaca

      Delete
  7. Halo..thank you artikelnya...untuk bagian ini

    Untuk mengatasinya, pengguna calya bisa menambahkan alat dumper

    dumper itu seperti apa ya ? Ada yang kasih solusi ganti per depan Avanza supaya ga jeduk...tapi belum tahu susah apa gak nya.

    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. dumper/damper adalah alat yang terbuat dari karet/silikon bentuknya bulat dan diselipkan dibagian per mobil, yang berfungis untuk mengganjal bagian per agak tidak turun saat melewati jalan berlobang. Untuk penggantian per, sebaiknya langsung diserahkan ke ahlinya biar gak salah pasang.

      Delete
  8. Emank agak aneh...ban saya juga udah pecah 2 biji (calya) 1 pas kena accident itupub udah diganti sm asuransi...1 lagi pas gk sengaja hampir masuk parit krn jalanan agak sempit, ban belakang hmpr amblas cuma saya gas dikit spy naik2 tiba2 gk sampai 200 meter ban tiba2 pecah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yg agak repot kaca depan berembun pas lagi hujan...sama kaca samping kemudi...meski udah semprot anti embun..kan bahaya
      + sering kendor bagian kaki..sampai ada bunyi tek2 pas jalan...itupun lgsg bw k bengkel resmi buat dikencengin

      Delete
    2. wah, ternyata makin banyak yang kena ya masalah ban ya. Kudu ganti ban yang lebih oke nih. Untuk embun kemungkinan karena uap panas dari mesin yang naik kali ya bro..coba di cek lagi. Makasi dah sharing info sepeutar calya sigranya ya, semoga membantu para pembaca yang lain.

      Delete
  9. Calya bisa masuk Ring 16 ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa namun harus disesuaikan dengan ukuran ban biar gak mentok spakbornya

      Delete
  10. Ada yg pernah menggunakan daihatsu sigra u/ taksi online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kayanya yang pake nih buat online..silahkan di sharing disini kalo ada

      Delete
  11. Oper gigi kadang2 keras banget, padahal kopling uda full/ mentok. Daihatsu sigra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba stell kopling nya, sebaiknya langsung ke beres aja om

      Delete
  12. Gue pake aman aman aja bro. Menurut gue lumayan lah buat mobil harga 130jt an.

    ReplyDelete
  13. Salam mental para Sepuh, mhn info calya, knapa klo saat mesin panas ngempos or hilang tenaga, n saat idupin AC jg ngempos n ndut"an

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba chek businya om, atau biasanya berishin juga filter bensin dan teman-temannya :) cmiiw

      Delete
  14. Sigra saya tiba2 bersap di kap depan mesin setelah ada bunyi ledakan bagian mesin dan keluar oli ..masalah apa? Salam Amirulah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba langsung bawa ke bengkel resmi aja om, karena banyak kemungkinan nya itu

      Delete
  15. Ada bunyi krik krik kalau mobil dipanasin.kl koplingnya di tekan bunyinya ilang.apa itu ya?mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. mohon info nya dong apa ya nama pengarah kipas di bagian kabin sigra soalnya patah dan gak bisa di atur arah angin nya

    ReplyDelete
  17. Calya saya sdh ganti link stabil dan shokbreker depan blakang,,tapi dikecepatan dibawah 40km, seperti bawa kuda ... Apa masalahnya pada as roda atau stabilizer ya om.. Ada yg punya kejadian seperti yg saya alami ini.. Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udh pernah bawa kuda om :)

      Delete
  18. Kasus calya saya , mesin tiba2 mati sedangkan electric semua hidup saat di tanjakan.. tidak ada indikator di dasboard yg manyatakan ada masalah pada mesin atau over heat, saat mesin calya saya mati itu , saya tinggal matiin kontak dan menghidukan mesin kembali, dan mobil berfungsi secara normal.. tapi kejadian tersebut akan berulang kembali... sudah pernah saya bawa ke BERES, tapi tidak ketemu juga penyebab nya..
    Apakah sudah ada yg mengalami kasus seperti saya ?
    Mohon pencerahan nya agan2 sekalian..

    ReplyDelete