Facebook

Info Harga dan Spesifikasi Datsun GO+


Satu lagi penantang baru di kelas low MPV Indonesia yaitu Datsun GO+ , yang merupakan pengembangan dari platform Datsun GO. Dengan penambahan panjang pada bagian sasis maka Datsun GO+ mampu mengangkut 7 penumpang. Jadilah GO+ yang dalam bahasa Datsun disebut MPV 5+2. Mau tahu apa seperti apa pendatang baru yang siap bersaing dengan mobil MPV lain seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia 1.3, dan Chevrolet Spin 1.2 ini? Berikut info harga dan spesifikasi Datsun GO+



Mesin
Pada bagian mesin Datsun GO+ mengadopsi mesin yang sama dengan milik Nissan March. Dengan 1.198 cc 3-silinder 76 dk dan disesuikan dengan setting komputer pada beberapa bagian internal mesinnya. Mobil Datsun GO+ ini menggunakan Electronic Power Steering (EPS) dengan tujuan agar kinerja mesin tidak terganggu, selain itu masih menggunakan transmisi manual denga 5 percepatan.

Dimensi
Pada bagian dimensi, bodi Datsun GO+ cukup kompak, dengan memiliki anjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm, dan tinggi 1.485 mm mampu menunjang mobilitas mobil ini untuk kondisi jalan di Indonesia. Sedangkan wheelbase-nya 2.450 mm.

datsun go plus

Eksterior
Bagian eksterior Datsun GO+ hampir mirip dengan dengan Datsun GO. Bodynya terlihat tegas dan kokoh, apabila di lihat bagian belakang sekilas mirip dengan Nissan Grand Livina.

datsun go plus

Interior
Bagian interior Datsun GO+ terlihat sederhana. Tidak ada system Audio, namun diimbangi dengan teknologi disebut Datsun Mobile Docking Station yaitu Anda bisa langsung menghubungkan smartphone atau gadget dengan GO+ ini. Cukup praktis dan adil untuk mobil MPV murah ini. Dan pada bagian handle transmisinya dibuat menggantung, sehingga ruang kabin terasa lebih lega.

Mobil yang akan dipasarkan tahun 2014 ini dilego dengan harga yang cukup murah, Datsun GO dan GO+ ditawarkan dengan harga Rp 78 juta untuk Hatchback dan Rp 85 juta untuk MPV-nya. Cukup murah untuk sebuah mobil keluarga.

Keluhan Datsun Go dari para user atau pengguna langsung adalah dan bisa dijadikan rujukan bagi pembeli yang ingin meminang datson go bekas:

  • AC sering brmasalah atau tidak ingin, hal ini biasanya disebabkan oleh tersumbatnya saluran dan juga kebocoran pada evaporator. Selain tidak dingin, biasanya ditandai dengan bau yang tidak sedap dari AC. Solusinya adalah dengan mengganti evaporator dan biasanya harganya sekitar 1 jutaan.
  • Bunyi pada transmisi mundur, yang lumayan agak keras bunyinya. Namun hal ini tidaklah terlalu fatal, hanya mengganggu dari segi kenyamanan.
  • Magnet Clutch juga harus diperhatikan, bagian ini juga sering dikeluhkan oleh pemakai datsun, sehingga harus mengganti dengan yang baru.
  • Motor Fan atau kipas sering juga sering dikeluhkan oleh teman dari komunitas Datsun.
  • Central Lock juga harus di checkk lagi, karena sering mengalami troubel atau mati alias tidak berfungsi.
Tentunya keluhan tersebut bukan berarti semua mobil mengalami masalah, bisa saja dari segi perawatan pemiliknya dan lain sebagainya. 

Sekarang mari kita bahas Kelebihan Datsun Go yang sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2019 ini:
  • Kabin lumayan luas untuk mobil sekelasnya dan tentunya juga memiliki bagasi yang luas, meskipun mobil ini tidak masuk dalam kelompok mobil keluarga.
  • Biaya perawatan yang termasuk ringan dan harganya juga terjangkau, sehingga patut diperhitungkan sebagai mobil pilihan keluarga kecil.
Kekurangan Datsun Go juga menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli mobil ni:
  • Minim fitur baik itu fitur hiburan yang masih menggunakan audio biasa maupun fitur keselamatan yang kurang mumpuni seperti ABS dan EBD
  • Untuk baris ketiga sempit, karena peruntukkan baris ketiga hanya untuk anak-anak ataupun bisa menambah luas bagasi.
  • Kekedapan kabin kurang, sehingga suara mesin akan terdengar hingga ke dalam kabin dan mengganggu kenyamanan bagi pengguna.
  • Bunyi pada pintu yang agak keras, dan butuh sedikit tenaga untuk menutupnya. 

Tips memilih Datsun Go dan Go+ Panca bekas 

Selain terkenal dengan mesinnya yang bandel dan irit bahan bakar minyak (BBM), harga bekasnya juga terjangkau, lihat saja di pasar mobil bekas harga datsun GO berkisar antara Rp 50 jutaan sampai Rp 75 jutaan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih Datsun seken ini :

1. Pastika kondisi surat-surat lengkap dan asli. 
2. Cek eksterior dan pahami cara untuk melihat kondisi mobil apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau banjir atau bisa jadi bekasi taxi online. 
3. Cek bagian kaki-kaki karena untuk mobil yang berumur 5 tahun, PR-nya ada pada bagian kaki-kaki, terutama tie rod, long tie rod, bushing arm, hingga bearing dan shock breaker.
4. Evaporator, Radiator sampai AC di dalam kabin pastikan berfungsi dengan sempurna.

Berikut daftar harga datsun go plus panca bekas menurut tahunnya:
- 2014 tipe STD berkisar di harga Rp 50 juta
- 2015 tipe STD berkisar di harga Rp 60 juta
- 2015 tipe Active berkisar di harga Rp 65 juta
- 2016 tipe STD berkisar di harga Rp 65 juta
- 2016 tipe Active berkisar di harga 71 50 juta
- 2017 tipe STD berkisar di harga Rp 69 juta
- 2017 tipe Active berkisar di harga Rp 74 juta

Konsumsi BBM Datsun Go+ Panca
Auto Bild Indonesia: Untuk rute dalam kota, mencatat 1 liter BBM dapat menempuh jarak 13,3 km. Sedangkan rute tol, Datsun Go+ Panca M/T ini 19,8 km/liter

Autonetmagz: konsumsi bahan bakar 12 km/liter untuk dalam kota dan 16 km/liter untuk luar kota. 

Semoga review mobil ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Salam Otomotif .

1 Response to "Info Harga dan Spesifikasi Datsun GO+"