Facebook

Perbedaan Tipe Honda HR-V A, S, E dan Prestige

Honda HR-V sepertinya semakin mendominasi di kelas SUV, Lihat saja hasil penjualannya yang semakin meningkat dari pertama diluncurkan, terutama untuk tipe 1,5 liter. Bagi Anda yang inigin meminang mobil SUV yang diperkenalkan pada IIMS 2014, ada baiknya untuk mengetahui perbedaan 4 tipe Honda HR-V di Indonesia yang bersaing dengan Nissan Juke, Ford EcoSport dan Mazda CX-3 dan bahkan pemain baru di tahun 2019 ini yaitu DFSK Glory 560. Baca Perbandingan HR-V dan Juke.


Perbedaan Tipe Honda HR-V


Empat pilihan tersebut adalah Tipe Honda HR-V A, S, E yang mengusung mesin 1.500cc, sedangkan tipe Prestige menggunaan mesin berkapasitas 1.800cc. Yuk kita bahas one by one ya gan :)

1. Honda HR-V 1.5 A MT
Tipe Honda HR-V paling standar, namun eksteriornya tetap masih terlihat sporty dengan benper depan yang gagah dipadu dengan lampu utama halogen dengan fitur Auto Off, bagian kaki-kaki sudah dibalut dengan velg berukuran 17 inci, selain itu juga ada micro antenna, tailgate spoiler dengan high mount stop lamp LED untuk mempertegas kesan sportynya.

Perbedaan Tipe Honda HR-V


Bagian interior bernuansa hitam dan beige, Audio sudah menggunakan double din, bagian panel instrumen dengan floating illumination ring, fitur ECO assist, tampilan MID, one touch turning signal, pengaturan kursi simple yaitu Ultra seat, day/night rear view mirror, fitur kemudi sudah tilt & telescopic steering, pengaturan bangku pengemudi bisa naik turun serta kaca dengan heat rejecting green tinted.

Baca juga: Inilah Bocoran Spek dan Harga Mitsubishi Eclipse Cross

Fitur keselamatan standar sudah tersemat pada SUV Honda Ini, lihat saja ada G-CON + ACE, dual SRS airbag, pretensioner with load limiter seatbelt, seatbelt reminder, emergency stop signal, ABS+EBD+BA, hill start assist, motion adative EPS+vehicle stability assist, ISOFIX+tether.

Ditambah lagi dengan fitur keamanan yang lengkap seperti wave key, keyless entry, auto door lock by speed dan immobilizer. Electric parking brake dan auto brake hold.

Baca juga: Perbedaan Tipe Kijang SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX

2. Honda HR-V 1.5L S M/T dan CVT
Tipe ini sudah memiliki semua fitur pada tipe A, tambahan lainnya adalah fitur power retracable door mirror, LED turning signal dan foglamp pada. Bagian interior dilengkapi dengan audio layar 6,1 inci, vanity mirror, seatback pocket, map and cargo light dan security alarm. Untuk tipe CVT sudah didukun oleh Earth Dream Technology dari Honda.

3. Honda HR-V 1.5L E CVT
Memiliki semua fitur tipe 1.5L S CVT, perbedaan terdapat pada handle pintu dibalut dengan aksen, fitur smart entry, one push ignition system. Untuk Interior menggunakan jok dibalut dengan half leather seat berwarna hitam, AC otomatis dengan dengan smart touch, tombol AC berlapis chrome, paddle shift, cruise control, audio steering switch, tweeter speaker, rear center arm rest dan vanity mirror dengan lampu.

4. Honda HR-V 1.8L CVT Prestige
Ini adalah tipe tertinggi, tampilan lebih menawan dengan LED projector headlight dengan LED Day Running Light (DRL), auto headlight adjuster. Antena model sirip hiu, kamera parkir mundur dan chrome exhaust pipe. Tipe ini dilengkapi dengan Panoramic sunroof, body color side sill garnish dan velg 17 inci yang memiliki desain kokoh.

Bagian dalamnya terlihat mewah dengan tema warna putih gading dan hitam dengan leather seat and door lining material, bagian kemudi dan shift knob dibalut kulit. Bagian entertainment dilengkapi dengan Audio layar 7 inci, USB port dan HDMI port. Fitru keselamatan pun mengalami peningkatan yaitu dengan adanay side curtain + side airbag, seatbelt reminder untuk penumpang.

5. Honda HR-V SE Mugen Edition
New Honda HR-V 1.5E SE MUGEN Edition dilengkapi berbagai aksesoris dengen desain MUGEN sehingga tampilannya semakin sporty dan aerodinamis. Aksesoris di bagian eksterior meliputi New Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler, Tailgate Spoiler, Body Sticker dan MUGEN Emblem. Sementara pada interior ditambahkan Floor Mat dan MUGEN Emblem. New Honda HR-V 1.5E SE MUGEN Edition tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu White Orchid Pearl, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Dark Olive Metallic dan Rallye Red.

Harga Honda HR-V Januari 2021

Honda HR-V 1.5L S M/T Rp 306 Juta (OTR)
Honda HR-V 1.5L S CVT | Rp 317 Juta (OTR)
Honda HR-V 1.5L E CVT | Rp 341 Juta (OTR)
Honda HR-V 1.5E SE MUGEN EDITION Rp 359 Juta (OTR)
Honda HR-V 1.8L Prestige | Rp 427,5 Juta (OTR)

Selain itu Toyota juga sudah menyiapkan saingan untuk Honda HR-V ini, yang kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2017, SUV tersebut diberi nama Toyota CH-R

Selain itu ada kabar terbaru uaitu Honda juga akan luncurkan Crossover berbasis sama dengan Jazz yaitu Honda WR-V yang akan diluncurkan pada event San Paolo Auto Show, Brazil pada November 2016 mendatang.

Keluhan Honda HR-V

Sejak peluncurannya awal tahun 2014-2015, banyak sudak konsumen yang mengeluhkan bagian kaki-kakinya yang sangat sering berbunyi terutama pada bagian Electronic Power Steering, Rear Axle, Lower Arm, Drive Shaft. Untuk mengeceknya sangat mudah yaitu dengan mencoba stop and go. Jika ada bunyi, "deg" dari bagian bawah kaki-kakinya. Bagi Anda yang sedang mencari HR-V bekas, jika hal ini terjadi, sebaiknya cari unit yang lain saja. kemungkinan bisa di check dari bagian Rack steering dan Electric Power Steering (EPS) yang biasanya mulai brmasalah saat pemakaian diatas 50 ribu kilometer. Selain itu bunyi gluduk-gluduk berasal dari as roda depan yang cukup menggangu kenyamanan pengendara ketika brbelok atau melewati polisi tidur.

Dashboard bunyi-bunyi

Keluhan pada bagian dashoard juga sering terjadi pada Honda HR-V, yaitu bunyi gemuruh yang sangat mengganggu pemilik saat mengemudi. Getaran-getaran di bagian trim dan dashboard.

Periksa Bagian Karet Pintu dan Interior

Masalah ini juga kerap emnimpa pemilik Honda HR-V, apalagi saat ini sudah menjadi mobil bekas, penurunan kualitas terlihat dari material yang digunakan pada Honda HR-V . Bagian Karet pintu gampang putus, karet jendela ada gap dan kurang rapat. Hal ni terasa di saat mobil melaju, selain tiu bagian jendela dan pintu sering bergetar. Solusinya adalah ganti bagian tersebut dan periksa bagian yang bunyi-bunyi mungkin ada bagian baut yang longgar. Sebaiknya check bagian karet pintu dan karet jendela, jika perlu diganti dengan yang baru. Baca juga Kupas Tuntas Daihatsu All New Xenia 2022.

Tarikan Kurang

Tarikan kurang nonjok pada mesin 1.5 terutama transmisi CVT, hal ini wajar karena bobot mobil yang lumayan berat. Sebaiknya Remap ECU agar tarikan lebih baik.

Push Start Stop Button 
Tombol ini jga sering bermasalah alias nyangkut saat di tekan.


Daftar Harga Honda HR-V Bekas
Berikut adalah daftar harga Honda HR-V untuk seluruh wilayah Indonesia.

Honda HR-V 2015 Rp 185 – 300 juta

Honda HR-V 2016 Rp 200 – 359 juta

Honda HR-V 2017 Rp 210 – 457 juta

Honda HR-V 2018 Rp 230 – 375 juta

Honda HR-V 2019 Rp 275 – 295 juta

Konsumsi BBM Honda HR-V yang dirangkum dari media dan juga penggunanya:

  • Otodriver: Honda HR-V 1.8 Prestige mencatat 14.2km/liter dengan rute Jakarta Bandung via Tol.
  • GridOto: Honda HR-V 1.5 mencatat 12 km/liter di rute dalam kota, dan 14,5 km/liter di rute luar kota. Pada kecepatan konstan 100 km/jam tercatat 16,2 km/liter.
  • GridOto: Honda HR-V 1.8 konsumsi BBM diangka 10,5 km/liter di rute dalam kota, dan 15,6 km/liter. Kecepatan konstan 100 km/jam tercatat 17 km/liter.
  • Autobild : HRV 1.8 prestige mncatat 10.9 km/L untuk tol dan 16.3 km/L untuk kecepatan konstan di rute dalam tol. 
  • Autobild: HRV-E 1.5 mencatat 13.7 km/L untul dalam kota dan 17 km/L untuk jalan konstan dalam tol.
  • Kompas: Honda HR-V 1.5 E CVT rute dalkot dan lukot mencatat 12.5 km perliter MID nya.
  • User Kaskus 1: Honda HR-V 1.5 E CVT rute dalam kota hanya bisa mencatat 8.6 km perliter dengan BBM pakai Pertamax.
  • User Kaskus 2: Honda HRV 1.8 L Prestige rute tol dalam kota bisa diangka 12.3 km/L.
  • User Kaskus 3: Honda HRV 1.5 E CVT rute tol dalam kota cuma dapat 9.2 km/L.
  • User Kaskus 4: Honda HRV 1.5 E CVT rute dalam kota dengan kondisi macet cuma dapat 9-10 km/L.
  • User Kaskus 5: Honda HRV 1.5 E CVT rute dalam kota dengan kondisi macet cuma dapat 8-8,5 km/L.
HRV 2021 segera diluncurkan

Honda segera beri kejutan buat pecinta otomotif di Indonesia dengan hadirkan Honda HR-V generasi ketiga pada 18 Februari 2021. Teasernay pun sudah beredar di media online.

All newa honda hrv indonesia


Desainnya terlihat lebih membaik dari generasi sebelumnya dengan model lebih matang dan bersudut. Honda HR-V kemungkinan mendapatkan powertrain yang diupgrade, yaitu dibekali dengan motor 131 PS/ 267 Nm dan mesin 108 PS/ 134 Nm untuk output sistem total 153 PS.

Terlihat garis horizontal dari handle ke arah linear stop lamp. Untuk headlampnya juga terlihat makin runcing ke samping, dan melebar ke bagian dalam

Garis bahu ke atas pada bodi mobil Honda HR-V terbaru yang mengarah ke gagang pintu belakang diganti dengan lipatan linier yang mengarah langsung ke lampu belakang. Black roof top sepertinya akan di gunakan layaknya Honda Jazz dan juga dilengkapi dengan panoramic roof. Untuk harganya belum ada pemberitahuna dari HPM.

Semoga dengan adanya review mobil ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Kalo ada yang kurang silahkan isi komentar dibawah ini ya...Salam Otomotif

8 Responses to "Perbedaan Tipe Honda HR-V A, S, E dan Prestige"

  1. kalo dari fitur tentu tipe tertinggi yang paling bagus

    ReplyDelete
  2. prestige sunroof

    btw itu menu blognya belum ada tulisanya mas


    tapi keren mas rank blognya udah ramping ada tips22 gak mas biar ramping

    ReplyDelete
  3. Apakah honda hrg tipe s manual ada camera mundurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut infonya di website resminya sudah ada om

      Delete
    2. Tipe S Manual belum ada camera mundurnya

      Delete
  4. Saya baru beli honda hrv type E Cvt 2015 bekas, kok engga ada camera mundurnya ya

    ReplyDelete
  5. Perbedaan harga Honda HR-V dari yang terendah ke tertinggi mencapai 100 juta lebih, Fantatis! Saya akui Honda HR-V tipe Prestige memang mengusung mesin 1.8L jadi wajar harga lebih mahal dan fitur juga lebih banyak.

    ReplyDelete